Sukses

Wagub Riza Sebut Pasien Covid-19 di Jakarta Semuanya Telah Dapat Oksigen

Riza Patria meminta kepada masyarakat tidak perlu khawatir lagi terkait pasokan oksigen di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengklaim, seluruh pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di rumah sakit seluruhnya telah mendapatkan oksigen. Walaupun dalam beberapa hari terakhir kebutuhan oksigen sempat meningkat pesat, menyusul lonjakan angka Covid-19.

"Terkait oksigen, memang Jumat lalu persisnya itu terjadi peningkatan yang signifikan kebutuhan oksigen, cukup kewalahan. Tapi Alhamdulillah bisa diatasi dan sampai hari ini di rumah sakit seluruh Jakarta kami tidak pernah merasa ada sesuatu yang luar biasa, dalam arti tidak ada pasien yang kehilangan oksigen atau kekurangan oksigen, atau tidak mendapatkan oksigen," kata Riza, Minggu (11/7/2021).

"Seluruh pasien di Jakarta alhamdulillah semuanya mendapatakan oksigen sekalipun mendadak, sekalipun terburu-terburu, apapun semuanya mendapatkan oksigen," imbuh dia.

Akan tetapi, dia tidak menutupi bila sempat terjadi kelangkaan di pasaran akibat banyak masyarakat yang membeli oksigen untuk antisipasi yang sebenarnya tidak perlu dilakukan. Karena, dampaknya akan membuat oksigen di pasaran menjadi langka.

"Ada masyarakat yang tidak butuh oksigen, tidak sakit, beli oksigen, mengumpulkan oksigen di rumah, tujuannya sebagai antisipasi cadangan, tidak perlu. Ini bukan kondisi normal, ini kondisi yang luar biasa," tuturnya.

Terlebih, lanjut Riza, kebutuhan oksigen yang jumlahnya terbatas hanya diperuntukan bagi para pasien yang dirawat di RS atau tempat lainnya yang memang membutuhkan oksigen

"Kita masyarakat tidak perlu membeli oksigen untuk ditaruh di rumah masing-masing kecuali memang sudah diminta dokter. Tidak perlu. Karena oksigen terbatas hanya untuk keperluan kesehatan keperluan masyarakat atau pasien yamg membutuhkan yang tidak mohon jangan," ucap Riza.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tindak Penimbun

Selain itu, Riza pun mengultimatum kepada pihak penjual yang mencoba meraup keuntungan atas penjualan oksigen di luar aturan, seperti sengaja menimbun sehingga harga akan naik.

"Bagi produsen, penguasaha, atau siapapun yang ingin mengambil keuntungan atas peningkatan kebutuhan oksigen yang tinggi apalagi menimbun menumpuk akan kami beri sanksi akan kami tindak. Aparat jajaran telah melakukan pengawasan dan akan menindak siapa saja," tegasnya.

Riza pun meminta kepada masyarakat tidak perlu khawatir lagi terkait pasokan oksigen di Jakarta. Karena pihaknya telah memastikan stok dan membuka titik-titik lokasi pengisian oksigen seperti di Monas, Jakarta Pusat.

"Jadi sekali lagi kebutuhan oksigen di Jakarta cukup, kami sudah menyiapkan di Monas, tempat untuk pengisian oksigen yang setiap hari tidak kurang dari 300 tabung isi 6 meter kubik, jadi cukup oksigen di Jakarta," imbuh Riza.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.