Sukses

Minta Warga Waspada, Relawan Siaga Sebut Poster Digital Satgas Oksigen Hoaks

Relawan Siaga pun mengingatkan agar tidak ada lagi masyarakat yang menyebarkan poster digital tersebut agar tidak menimbulkan kerugian.

Liputan6.com, Jakarta Beredar poster digital mengatasnamakan Satgas Oksigen Relawan Siaga yang mengaku dapat menjemput dan mengisi tabung oksigen secara gratis untuk wilayah Jabodetabek. Lewat laman resmi Instagram, @relawan_siaga membantah kabar tersebut alias hoaks.

"Menyikapi beredarnya informasi mengenai Satgas Oksigen dari RELAWAN SIAGA seperti Foto/Gambar/Screen Shoot/Screen Capture yang tercantum di bawah ini, DPP Relawan Siaga sangat menyesalkan beredarnya informasi tersebut secara viral di media sosial Tanah Air," tulis akun Instagram Relawan Siaga seperti dikutip Liputan6.com, Minggu (11/7/2021).

Pihak Relawan Siaga mengaku bahwa jajaran DPP memang sedang mempersiapkan pembentukan Satgas Oksigen. Hanya saja, hal tersebut masih dalam tahapan persiapan internal dan belum diluncurkan secara resmi ke publik.

"Sehingga belum melakukan aksi di lapangan," tulis Relawan Siaga.

Relawan Siaga pun mengingatkan agar tidak ada lagi masyarakat yang menyebarkan poster digital tersebut agar tidak menimbulkan kerugian. Warga juga diminta waspada untuk tidak menghubungi nomor yang tertera terkait Satgas Oksigen mengatasnamakan Relawan Siaga.

"Apabila saat ini ada oknum tertentu melakukan pengambilan tabung oksigen, kami pastikan hal tersebut bukan dari Relawan Siaga, untuk itu mohon untuk tidak dilayani," tutup Relawan Siaga.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penipuan Tabung Oksigen

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pihaknya telah menangkap tiga orang diduga melakukan penipuan menjual tabung oksigen di media sosial.

"Kita amankan tiga orang, menawarkan tabung oksigem melalui akun medsos, tetapi uang sudah di transfer tapi barangnya tidak ada. Ini sempat viral di medsos," kata Yusri, Jumat (9/7/2021).

Adapun yang ditangkap berinisial ATKG alias AW, SA alias A, dan AS alias S mengaku menjual tabung oksigen. Namun, saat uang diberikan oleh pembeli, barang tersebut tak kunjung dikirimnya.

ATKG menawarkan tabung oksigen seharga Rp 750 ribu melalui akun Instagram @umina_collection99. Sejumlah orang disebut menjadi korban, namun baru dua yang melapor salah satunya warga Jakarta Pusat.

"Dia sudah pesan 9 tabung oksigen dan menstransfer uang Rp 750 ribu sebanyak sembilan kali. tapi barang tak datang. Ini modus pelaku," jelas Yusri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.