Sukses

Jokowi: Tower 1 Rusun Pasar Rumput Sudah Bisa Dipakai untuk Isolasi Pasien Covid-19

Rusun Pasar Rumput akan dipakai untuk isolasi pasien Covid-19 yang bergejala ringan dan tanpa gejala.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa tower 1 Rusun Pasar Rumput Jakarta saat ini sudah dapat digunakan untuk merawat pasien Covid-19. Nantinya, rusun tersebut akan dipakai untuk isolasi pasien corona yang bergejala ringan dan tanpa gejala.

Hal ini disampaikan Jokowi saat mengecek langsung kesiapan Rusun Pasar Rumput sebagai tempat perawatan pasien Covid-19, Rabu (7/7/2021) malam. Dia didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Kepala BNPB Ganip Warsito.

"Tadi setelah kita cek tower 1 sudah siap untuk dipakai sebanyak 2.060 tempat tidur," kata Jokowi sebagaimana ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu.

Jokowi mengatakan bahwa pemerintah juga menyiapkan 5.950 tempat tidur di tower II dan III Rusun Pasar Rumput. Dia meminta agar tower II dan III dapat segera menerima pasien Covid-19 dalam 2-3 hari ke depan.

"Kita harapkan dengan persiapan-persiapan seperti ini, kalau memang terjadi lonjakan kita sudah ada kesiapan," jelasnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemprov DKI Siapkan Sejumlah Rusun di Jakarta Jadi Tempat Isolasi

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan DKI Jakarta Sarjoko menyatakan terdapat sejumlah rusun di Ibu Kota yang dipersiapkan untuk lokasi isolasi terkendali pasien Covid-19.

Menurut dia, saat ini rusun yang sudah beroperasi untuk lokasi isolasi yakni Nagrak, Jakarta Utara.

"Yang sedang disiapkan dilengkapi sarananya, Rusun Pasar Rumput 1.984 unit (dibawah pengelolaan PD Pasar Jaya)," kata Sarjoko saat dihubungi, Rabu (30/6).

Lokasi yang disiapkan lainnya yaitu Rusun Daan Mogot yakni tower 6 dan 7. Sarjoko menyebut kedua tower tersebut terdapat 522 unit. Kemudian Rusun Pulogebang Penggilingan, Jakarta Timur rencana disediakan di tower 4,5, dan 6 dengan 522 unit.

"(Rusun Pinus Elok Penggilingan) Kita siapkan rusun blok ataupun tower yang masih kosong sehingga tidak bercampur dengan penghuni," jelas dia.

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.