Sukses

Dilantik Jadi Gubernur, Al Haris Janji Tekan Covid-19 dan Pulihkan Ekonomi Jambi

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Al Haris dan Abdullah Sani menjadi Gubernur serta Wakil Gubernur Jambi masa jabatan 2021-2024 di Istana Negara Jakarta, Rabu (7/7/2021). Usai dilantik, Al Haris menyatakan akan berupaya menekan kasus Covid-19 di Jambi.

"Tentunya, tugas kami yang pertama adalah bagaimana menekan angka Covid-19 di Jambi," kata Al Haris usai pelantikan sebagaimana ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu.

Dia mengatakan, pemulihan ekonomi Jambi juga akan menjadi prioritasnya setelah resmi menjadi gubernur. Hal ini dinilai dapat membantu memulihkan ekonomi nasional yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

"Kedua, sekaligus juga kami akan tentunya memulihkan ekonomi Jambi tentunya. yang merupakan tujuan nasional juga, yakni memulihkan ekonomi nasional," jelasnya.

Menurut dia, masyarakat dan pemerintah harus bekerja sama dalam melawan pandemi Covid-19. Dengan begitu, maka masyarakat dapat kembali hidup normal dan ekonomi segera pulih.

"Saya kira karena kita dalam kondisi covid, tentu kita berjibaku bagaimana melawan covid, sehingga daerah aman, rakyat aman, sehingga kita bisa bekerja seperti sedia kala," ujar Al Haris.

 

2 dari 3 halaman

Perolehan suara pasangan Al-Haris dan Abdullah Sani di Pilkada Jambi

Pasangan Al-Haris dan Abdullah Sani berhasil meraih suara terbanyak pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 9 Desember tahun 2020 serta mengokohkan perolehan suara terbanyak pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang dilaksanakan pada 27 Mei 2021.

Pada pemilihan kepala daerah tersebut, Al Haris-Abdullah Sani meraih suara sebanyak 600.733 suara yang mengungguli dua kandidat lainnya. Pasangan Cek Endra-Ratu Munawaroh hanya meraih perolehan suara sebanyak 587.918 suara dan Fachrori Umar-Syafril Nursal yang memperoleh 381.634 suara.

Dengan dilantik-nya Al Haris sebagai Gubernur Jambi periode 2021-2024, maka secara otomatis mengangkat Mashuri yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Bupati Kabupaten Merangin periode 2018-2023 menjadi Bupati Merangin periode 2021-2023. Sebab, saat mencalonkan diri sebagai Gubernur Jambi Al Haris menjabat sebagai Bupati Kabupaten Merangin.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: