Sukses

Melihat Keajaiban Dunia di Pulau Rinca

Pulau Rinca di NTT adalah satu dari empat pulau habitat komodo yang masih tersisa. Beberapa waktu yang lalu kami mengunjungi tempat ini.

Matahari baru saja menampakkan sinarnya. Dari Pelabuhan Pilemon, Labuhan Bajo, Manggarai, Nusa Tenggara Timur, kami berangkat menuju Pulau Rinca yang berjarak 20 mil. Setelah menempuh perjalanan selama dua jam, kapal kami merapat di Pulau Rinca, salah satu dari empat pulau yang menjadi habitat komodo.

Gerbang Loh Buaya adalah gerbang utama kawasan Taman Nasional Komodo. Di sini kita harus didampingi pemandu perjalanan atau biasa disebut ranger yang siap menjelaskan dan menjaga kita dari serangan komodo. Menyusuri jalan setapak, kami semakin penasaran tentang keberadaan komodonya. Tapi kami tetap menjaga jarak aman minimal lima meter dari komodo.

Sebelum melanjutkan perjalanan, staf taman nasional pun menjelaskan tentang magic stick atau tongkat penghalau komodo. Perjalanan dilanjutkan menyusuri hutan yang masih alami. Panasnya perjalanan terbayar dengan kemunculan komodo yang sedang berkeliaran.

Irene, wisatawan asal Spanyol yang ikut dalam rombongan kami, mengaku takjub dengan apa yang dilihatnya. "Saya tidak dapat menjelaskan dengan kata-kata. Ini pengalaman yang sangat menakjubkan, pengalaman indah dan saya sangat menikmatinya," ujar Irene kepada Liputan6 SCTV.

Setelah melihat tingkah polah komodo sekitar 40 menit, kami pun mendaki Bukit Rinca dengan pemandangan laut indah, gugusan pulau menghampar luas memanjakan mata, sekaligus untuk mensyukuri keindahan ciptaan Yang Maha Kuasa.(ADO)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini