Sukses

Rekor Lagi, Pemakaman Covid-19 di Jakarta Capai 180 Jenazah per 23 Juni

Liputan6.com, Jakarta - DKI Jakarta kerap mencatatkan angka rekor tertinggi pada kasus positif Covid-19. Tidak hanya rekor angka positif, data pemakaman jenazah Covid turut mencetak rekor tertinggi selama pandemi di Indonesia berlangsung sejak Maret 2020.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun instagram @aniesbaswedan, menyampaikan, Rabu (23/6) sebanyak 180 jenazah dengan Protap Covid dimakamkan. Jumlah itu, dikatakan Anies, merupakan rekor tertinggi yang pernah ada.

"Hari ini rekor pemakaman selama wabah Covid-19 di DKI; 180 jenazah dikuburkan dengan prosedur Covid-19," ucap Anies yang dikutip pada Kamis (24/6/2021).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berpesan, Pemprov DKI Jakarta menyediakan 3 hektare lahan khusus pemakaman Covid di TPU Rorotan. Meski luas, ia berharap penguburan jenazah dengan Protap Covid tidak terus menerus terjadi.

"Tolong jangan sampai dipenuhi, jangan sampai penuh, jangan diisi jenazah seperti hari ini lagi. Cukup, cukup sudah, kita tak ingin melihat lebih banyak lagi wajah duka batas usia ada di tangan Allah. Tugas manusia adalah ikhtiar, sama-sama kita hindari kegiatan berpotensi penularan."

"Kita datangi tempat vaksinasi sebagai ikhtiar keselamatan, hindari risiko, songsong ikhtiar keselamatan," pungkasnya.

Unggahan itu diakhiri dengan tanda pagar #ABW yang menandakan narasi dari unggahan ditulis langsung oleh Anies secara pribadi.

 

 

2 dari 3 halaman

143 Jenazah Covid-19 Dimakamkan per 22 Juni

Petugas Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta mencatatkan rekor tertinggi jumlah pemakaman jenazah pasien Covid-19 harian mencapai 143 jasad pada Selasa 22 Juni 2021 kemarin.

Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Ivan Murcahyo mengatakan, pihaknya mencatat angka pemakaman harian tertinggi pada 22 Juni 2021 sejak kasus Covid-19 melonjak sepekan lalu.

"Pemakaman jenazah dengan protokol Covid-19 harian kembali membentuk puncak baru. Per 22 Juni 2021 sejumlah 143 jenazah dimakamkan," kata Ivan dikutip dari Antara, Rabu (23/6/2021).

Angka tersebut, kata Ivan, mengalahkan catatan sebelumnya pada 20 Juni 2021 yang mencapai 122 jenazah. Angka itu dinilai paling tinggi dari jumlah-jumlah sebelumnya. Namun pada 22 Juni 2021 ternyata jumlah jenazah yang dimakamkan lebih tinggi.

143 jenazah itu dimakamkan di sejumlah tempat pemakaman umum (TPU) khusus Covid-19 yang disiapkan Pemprov DKI Jakarta. Di TPU Rorotan, Jakarta Utara pada 22 Juni pemakaman jenazah yang menggunakan petak baru tercatat berjumlah 68 jenazah.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: