Sukses

PKB: Tidak Ada Satupun Partai Usung Wacana Presiden 3 Periode Presiden, apalagi Lobi-lobi

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid menegaskan, tak ada satu partai pun yang mengusung wacana masa jabatan Presiden 3 periode. Dia mengaku parpol koalisi pemerintah juga tak ada lobi-lobi soal wacana itu.

"Setahu saya, tidak ada satupun partai yang mengusung wacana 3 periode, apalagi membahas dan lobi lobi," katanya lewat pesan, Selasa (22/6/2021).

Jazilul menyatakan, bahwa aturan masa jabatan presiden dua periode sudah diatur dalam undang-undang. Maka dari itu, konstitusi tak boleh dilanggar. 

"Silahkan berwacana namun jangan menabrak konstitusi yang sudah jelas menyatakan presiden dapat menjabat 2 kali masa jabatan tiap 5 tahun," ucapnya.

Jazilul menambahkan, belum ada sikap resmi dari PKB terkait soal masa jabatan presiden 3 periode. PKB sendiri juga menjagokan Ketum Muhaimin Iskandar untuk Pilpres 2024.

"Belum ada sikap resmi dari PKB terkait wacana Presiden 3 periode," kata Wakil Ketua MPR ini.

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman menegaskan, bahwa Presiden Joko Widodo tegas menolak masa jabatan 3 Presiden tiga periode. Dia mengatakan, Presiden Jokowi patuh terhadap Undang-Undang Dasar 1945.

"Mengingatkan kembali, Presiden Joko Widodo tegak lurus konstitusi UUD 1945 dan setia terhadap Reformasi 1998. Sesuai Pasal 7 UUD 1945 amandemen ke-1 bahwa, 'Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatannya selama masa lima tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan'," kata Fadjroel kepada merdeka.com, Sabtu (19/6).

 

2 dari 3 halaman

Ingin Cari Muka

Fadjroel menyebut, penegasan Presiden Jokowi menolak wacana presiden 3 periode disampaikan pada tanggal 12 Februari 2019. Ada tiga hal yang disampaikan Jokowi terkait jabatan presiden tiga periode. 

"Ada yang ngomong presiden dipilih 3 periode itu, ada 3 (motif) menurut saya. Satu, ingin menampar muka saya, yang kedua ingin cari muka, padahal saya sudah punya muka, yang ketiga ingin menjerumuskan. Itu saja," kata Fadjroel menirukan Jokowi.

Yang kedua, pada tanggal 15 Maret 2021. Fadjroel bilang, bahwa Jokowi tidak berniat menjadi Presiden 3 periode. Jokowi tak ingin ada kegaduhan baru.

"Saya tidak ada niat, tidak ada juga berminat menjadi presiden 3 periode. Konstitusi mengamanahkan 2 periode, itu yang harus kita jaga bersama. Janganlah membuat gaduh baru, kita sekarang fokus pada penanganan pandemi," sebut Fadjroel.

"Sikap presiden dalam 2 kali kesempatan di atas yang harus menjadi pegangan semua pihak," pungkasnya. 

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: