Sukses

BMKG Keluarkan Peringatan Hujan Disertai Petir di Beberapa Wilayah

Wilayah yang memiliki potensi hujan disertai angin kencang dan kilat, yakni Aceh, Bengkulu, Lampung, Sumsel, Banten, DKI Jakarta, Jabar dan Jatim.

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia, Sabtu (19/6/2021).

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG, disampaikan sirkulasi siklonik terpantau di Selat Makassar bagian selatan yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Kalimantan Selatan dan daerah pertemuan angin (konfluensi) di Sulawesi Utara dan Laut Sulawesi.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka, di Sumatera Barat, di Bengkulu, di Pesisir Selatan Jawa Barat, di Kalimantan Utara.

Kemudian dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, di NTT bagian Timur, di Kepulauan Aru-Tanimbar dan di Papua Barat.

Daerah konfluensi terpantau di Selat Karimata. Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi itu.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daerah Berpotensi Hujan

Berdasarkan kondisi itu, BMKG memperkirakan wilayah yang memiliki potensi hujan disertai angin kencang dan kilat, yakni Aceh, Bengkulu, Lampung, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat.

Kondisi sama juga diprakirakan terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Potensi Hujan