Sukses

Dishub DKI Sebut Jumlah Pesepeda Road Bike di JLNT Meningkat Setiap Pekan

Liputan6.com, Jakarta Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan adanya peningkatan jumlah penggiat sepeda road bike yang ikut uji coba di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang setiap pekan.

Menurut Syafrin, uji coba jalur road bike sudah berlangsung selama empat pekan.

"Uji coba pertama hanya 1.666 pesepeda yang melintas. Kemudian uji coba kedua naik 77 persen menjadi 2.499 pesepeda, dan uji coba ketiga minggu lalu naik lagi ke 60.23 persen yaitu menjadi 4.005 pesepeda yang melintas," kata Syafrin di Jakarta, Minggu (13/6/2021).

Syafrin menyatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan evaluasi pelaksanaan uji coba. Selain itu Dinas Perhubungan juga terus menerima masukan dari berbagai pihak terkait pelaksanaan uji coba.

"Prinsipnya seluruh masukkan yang sifatnya konstruktif ini akan kami akomodir dan dituangkan dalam regulasi pelaksanaan ke depannya," jelas dia.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta mulai melakukan uji coba jalur khusus road bike Yakni di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang setiap akhir pekan pada pukul 05.00-08.00 WIB.

Lalu, mulai Senin, 7 Juni 2021, pegiat sepeda road bike boleh melintas di lajur paling kiri dari jalur kendaraan bermotor di ruas Jalan Sudirman-Thamrin setiap Senin-Jumat dari pukul 05.00-06.30 WIB.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Jadwal Road Bike Wajib Gunakan Jalur Permanen

Syafrin menambahkan bahwa para pengguna sepeda road bike wajib menggunakan jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin setelah waktu yang ditentukan.

Para pengguna road bike dapat keluar dari jalur sepeda permanen pada pukul 05.00-06.30 WIB pada Senin-Jumat.

"Sudirman-Thamrin itu kan jalur sepeda permanen, jadi setelah pukul 06.30 WIB seluruh sepeda itu wajib menggunakan (jalur) sepeda permanen," kata Syafrin di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis, 3 Juni 2021.