Sukses

Mahfud Md Temui Ma'ruf Amin, Lapor soal Papua

Mahfud Md hari ini disebut menemui Wakil Presiden Ma'ruf Amin, untuk melaporkan kondisi terkini dan program percepatan kesejahteraan di Papua.

Liputan6.com, Jakarta Menko Polhukam Mahfud Md hari ini disebut menemui Wakil Presiden Ma'ruf Amin, untuk melaporkan kondisi terkini dan program percepatan kesejahteraan di Papua.

Hal tersebut dibenarkan oleh juru bicara Wapres Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi.

"Papua itu seperti apa dalam kondisi terakhir. Jadi itulah yang dilaporkan Pak Mahfud. Justru dalam rangka bagaimana agar pembangunan Papua untuk mensejahterakan Papua mesti dilakukan segera, dipercepat," kata Masduki, Rabu (9/6/2021).

Dia menuturkan, pertemuan Mahfud dengan Ma'ruf Amin juga membahas percepatan program kesejahteraan di Papua, termasuk soal bagaimana APBN bisa dipergunakan untuk pembangunan di sana.

"Supaya APBN dipergunakan untuk membangun kesejahteraan Papua itu bisa segera direalisasikan, Bappenas, dan kementerian keuangan akan segera dipanggil oleh wakil presiden untuk kepentingan itu," jelas Masduki.

Rencananya, usai pembahasan anggaran dengan Bappenas dan Kemenkeu, Wapres akan menggas rapat terbatas khusus membahas Papua bersama Presiden Joko Widodo.

"Tahap berikutnya Insya Allah akan ada rapat terbatas yang akan dilakukan ke Bapak Presiden untuk bagaimana membangun kesejahteraan, dalam rangka itu sebenarnya," kata Masduki.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangun Kedekatan Hati

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan kunjungan kerja ke Papua. Keduanya melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat, memberikan motivasi kepada para prajurit, hingga memerintahkan anggota untuk mengawal terus pembangunan demi kesejahteraan penduduk Papua.

Panglima TNI juga meminta seluruh personel yang bertugas untuk merumuskan formula khusus untuk menjaga kedekatan hati dengan masyarakat Papua agar tetap teguh mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Seluruh anggota juga mesti meningkatkan sinergitas sehingga kesejahteraan masyarakat Papua dapat dirasakan lebih cepat.

"TNI dan Polri bermanunggal dengan rakyat. Dengan Binmas Noken dan teritorial. Bangun sinergi dengan baik antar lintas satuan," tutur Hadi dalam keterangannya, Kamis (27/5/2021).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga memberikan pesan khusus kepada personel TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Operasi Nemangkawi. Bahwa selain tugas pengamanan, anggota juga harus menunjukkan kehadirannya di sana adalah untuk mengawal agenda pemerintah membangun Papua.

"Tugas saudara semua mengawal untuk memberitahu akan pembangunan yang sudah dilakukan. Petakan dengan baik apa yang dibutuhkan oleh masyarakat Papua," kata Listyo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.