Sukses

Patung Bung Karno Menunggang Kuda Diresmikan, Megawati Ucapkan Terima Kasih ke Prabowo

Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Proklamator Sukarno menunggang kuda, yang terinspirasi dari peristiwa peringatan pertama TNI pada 5 Oktober 1946.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Proklamator Sukarno menunggang kuda, yang terinspirasi dari peristiwa peringatan pertama TNI pada 5 Oktober 1946.

Patung Sukarno di atas kuda itu terletak di halaman depan kompleks Kementerian Pertahanan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. Megawati hadir bersama anggota keluarganya, yakni putranya Prananda Prabowo bersama istri Nancy Prananda. Hadir juga Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto.

Sebelum peresmian, Menhan Prabowo menjelaskan, Bung Karno bukan saja Presiden Indonesia pertama, namun juga proklamator kemerdekaan sekaligus penggagas ideologi yang persatukan bangsa Indonesia yaitu Pancasila.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa-jasa pehlawannya," ujar Prabowo pada peresmian virtual, Minggu (6/6/2021).

Prabowo menyebut patung tersebut adalah bentuk penghormatan, bukan pengultusan individu. Dia menilai generasi muda harus tahu asal mula dari Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Ini bukan bagian dari kultus individu, bukan memuja-muja sejarah masa lalu, tapi ini adalah pewarisan nilai-nilai kebangsaan. Generasi muda harus mengerti dan sadar darimana kita berasal, kita tak serta merta mendapat hadiah kemerdekaan, namun kemerdekaan itu direbut dengan darah, keringat, dan air mata," kata Prabowo.

Dia lalu menjelaskan patung Sukarno terinspirasi dari kejadian di 5 Oktober 1946. Saat itu, sebagai panglima tertinggi angkatan perang, Bung Karno menjadi inspektur upacara. Para pemimpin tentara saat itu meminta Bung Karno melakukan inspeksi pasukan dengan naik kuda.

Prabowo berharap nilai-nilai yang diajarkan Bung Karno bertahan dan terus dipertahankan Bangsa Indonesia.

"Marilah bersama berjuang agar nilai-nilai beliau tetap akan bertahan dan dipertahankan seluruh generasi penerus di hari dan tahun yang akan datang. Semoga cita-cita beliau terwujud, Indonesia berdiri di atas kaki sendiri, dihormati seluruh bangsa di dunia, dan rakyat Indonesia meraih kesejahteraan, kemakmuran, dan keadilan," kata dia.

Sementara itu, Megawati yang mewakili keluarga besar Bung Karno menyampaikan terima kasih dan penghormatan secara khusus kepada Prabowo.

"Menteri Pertahanan dan sekaligus sahabat saya atas peresmian patung Bung Karno ini," kata Megawati.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesial

 

Menurut Megawati, peresmian ini sangat spesial. Karena harinya kebetulan bertepatan dengan peringatan hari lahir Bung Karno yang ke-120."Jadi sungguh menurut kami keluarga, sangat istimewa," imbuh Megawati.

Dijelaskan Megawati, banyak capaian yang dilakukan sang ayahanda saat memimpin republik dari awal kelahirannya, yang diakui dunia. Semisal peran kunci Bung Karno pada Konferensi Asia - Afrika tahun 1955, yang kini diakui PBB sebagai sebuah heritage of the world.

"Peresmian patung Bung Karno tersebut menjadikan seluruh api sejarah perjuangan bangsa bergelora kembali dan bagi kita menjadikan sebuah api semangat yang tak kunjung padam sebagai energi perjuangan untuk membawa bangsa ini semakin berdaulat semakin maju dalam seluruh aspek kehidupan namun tetap kokoh pada karakter dan budaya bangsa," beber Megawati.

"Atas nama seluruh keluarga besar Bung Karno, sekali lagi saya ingin mengucapkan beribu-ribu terima kasih atas kehormatan yang menurut saya sangat luar biasa ini," pungkas Megawati.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.