Sukses

Kakorlantas Polri: Arus Kendaraan ke Wilayah Jateng dan Jatim Menurun 73 Persen

Penurunan volume kendaraan juga terjadi di arah menuju Sumatera, yang tercatat 43,3 persen. Mayoritas kendaraan yang melintas merupakan angkutan logistik dan barang.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Istiono memantau penyekatan mudik di pos pengamanan mudik di KM 31 GT Tol Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu 8 Mei 2021 malam.

Ikut mendampingi, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudy Antariksawan, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus Dan Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan.

Istiono menyampaikan, sejauh ini perkembangan kegiatan pengamanan Operasi Ketupat Jaya 2021, berjalan aman dan lancar secara keseluruhan. Dari hasil pantauan petugas, terdapat penurunan volume kendaraan yang menuju Jawa Barat.

"Sampai hari ini volume arus kendaraan yang menuju Jawa berangsur mengalami penurunan sebanyak 73 persen. Kemudian menuju Bandung turun sampai 78,3 persen," kata Istiono.

Penurunan volume kendaraan juga terjadi di arah menuju Sumatera, yang tercatat 43,3 persen. Mayoritas kendaraan yang melintas merupakan angkutan logistik dan barang.

Sedangkan kendaraan yang tidak memenuhi persyaratan non mudik sehingga terpaksa diputar balik, mencapai 10.869 kendaraan pada Sabtu malam.

"Kalau selama tiga hari ini ada sekitar 70.000 kendaraan yang kita putarbalikkan," ungkap Istiono.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6.500 Kendaraan Diputar Balik

Sementara Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran menambahkan ada sekitar 6.500 kendaraan yang dipaksa putar balik ke Jakarta di wilayah Polda Metro Jaya.

"Sisanya adalah yang melewati jalur arteri baik kendaraan roda maupun kendaraan roda empat," ujar Fadil.

Dia pun meminta partisipasi seluruh masyarakat untuk mendukung upaya pemerintah memutus rantai penyebaran Covid-19, dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Masyarakat diminta untuk menahan diri untuk tidak melakukan perjalanan mudik, demi memaksimalkan penanganan Covid-19 yang selama ini diupayakan, sehingga pandemi bisa segera berakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.