Sukses

Sokong Kebutuhan Beras Jakarta, Anies Sinergi Bersama Pemkab Ngawi

Menurut Anies, langkah ini merupakan balas budi dengan petani dengan membangun sistem berkeadilan

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kunjungan kerja menggandeng Pemerintah Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Hal ini dilakukan Anies, terkait penyerapan beras produksi kelompok petani Ngawi guna mendukung kebutuhan pangan di DKI Jakarta.

"Kedatangan kita di Ngawi ini sedang berbicara tentang kebutuhan pangan, ketahanan pangan. Kita ingin memastikan bahwa harga di perkotaan mendapatkan suplai terjamin,” kata Anies di  Dusun Alas Pecah, Desa Geneng, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, seperti dikutip dari Antara, Minggu (25/4/2021).

Anies menambahkan, kerja sama ini juga sebagai berbalas budi dengan petani dengan membangun sistem yang berkeadilan. Anies menambahkan, kerjasama terkait dilakukan oleh  PT Food Station Tjipinang Jaya selaku BUMD Pemprov DKI Jakarta dengan Daya Tani Sembada - Kelompok Tani Sido Rukun.

“Kerja sama dilakukan untuk mengelola sistem resi gudang, penggilingan padi, dan pasokan beras untuk warga DKI Jakarta, dan rencana penyerapan hasil panen kelompok Tani Sido Rukun, Ngawi,” jelas Anies..

Menurut Anies, kedatangannya di Ngawi menjadi babak baru kerja sama antara Pemprov DKI dengan Pemkab Ngawi terkait dukungan kebutuhan beras di Jakarta.

"Jadi kita sedang memulai sebuah babak baru kerja sama dengan Ngawi dan Insya-Allah dengan Jatim. Di sini dengan sistem resi gudang, kita memiliki kontrak kerja untuk penanaman padi dan memastikan petani memiliki kepastian pembeli, kami punya kepastian harga," beber Anies.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gubernur Khofifah Apresiasi Kerja Sama Pemprov DKI

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi kerja sama yang dilakukan Pemprov DKI dengan Pemkab Ngawi tersebut. Melalui kerja sama tersebut, petani akan memiliki kepastian harga, pasar, dan produksi berasnya terserap dengan baik.

"Melalui kerja sama ini, ada banyak varian produk padi dan beras dari petani yang bisa diserap. Jadi ini sebetulnya varian-varian produk yang sangat solutif untuk bisa menjadi akses pasar petani melalui gapoktan yang ada," kata Gubernur Khofifah.

Melalui kerja sama tersebut pihaknya juga berharap adanya keterbukaan akses perluasan sentra-sentra produksi gabah dan beras di wilayah Jatim lainnya untuk mendapatkan pasar yang lebih besar di DKI Jakarta.

"Tidak hanya varian padi dan beras, namun juga bahan pangan lainnya. Karena Jatim tidak hanya surplus beras, tapi juga daging sapi, daging ayam, dan telur ayam," kata Gubernur perempuan pertama di Jatim itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.