Sukses

4.382 Polisi Disiagakan Amankan KTT ASEAN

Liputan6.com, Jakarta - Jelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang digelar di Jakarta, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran telah melakukan peninjauan kepada dua pos pengamanan di di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) dan di Gedung Sekretariat Asean, Jakarta Selatan.

"Melihat persiapan pengamanan pertemuan tingkat pimpinan ASEAN yang akan dilaksanakan besok (Sabtu)," kata Fadil di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta Selatan, Jumat (23/4/2021).

Dalam tinjauannya tersebut, Fadil bersama jajaranya turut mengunjungi pos pengamanan VVIP Terminal 3 Bandara Soetta, Banten, guna mengecek kesiapan pengamanan untuk menyambut kedatangan tamu dari perwakilan negara-negara yang akan datang.

Selanjutnya, lokasi kedua Fadil juga mengecek kesiapan pengamanan dari gedunh Sekretariat Asean di Jakarta Selatan.

Sebanyak 4.382 personel polisi disiagakan untuk mengamankan KTT ASEAN yang digelar hari ini, Sabtu (24/4/2021). Ribuan personel itu akan disebar di 51 titik pengamanan.

"51 titik termasuk didalamnya pengamanan rute, pengamanan akomodasi, hotel dan pengamanan terminal airport untuk kedatangan," beber Fadil.

2 dari 3 halaman

Pengamanan di Ring 3

Lebih lanjut, Fadil menjelaskan bahwa pola pengamanan yang akan dilakukan tim jajaran Polda Metro Jaya ditempatkan pada ring tiga. Karena ring satu san dua telah diamankan oleh pihak Paspampres.

"Polda Metro Jaya di ring tiga karena ring satu dan ring dua oleh ops pengamanan Presiden karena yang hadir adalah kepala negara dimana penanggung jawabnya adalah Pangdam Jaya," kata Fadil.

Seperti diketahui pada KTT ASEAN nanti yang digelar di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta Selatan bakal ikut dihadiri oleh sejumlah kepala negara. Perwakilan negara yang hadir diantaranya Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam dan Myanmar.

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: