Sukses

Potret Unik Para Penari India di Ladang Gandum Sambut Panen Raya Baisakhi

Pemuda Sikh menampilkan tarian tradisional rakyat Punjab atau Bhangra jelang festival panen Baisakhi di ladang gandum pinggiran Amritsar, India.

Liputan6.com, Punjab - Perempuan-perempuan muda Sikh terlihat asyik menunjukkan aksi tarian tradisional Punjab atau Bhangra sembari menyambut festival panen Baisakhi di ladang gandum pinggiran Amritsar, India, 11 April 2021.

Baisakhi adalah festival yang dirayakan masyarakat di seluruh India utara, terutama di wilayah Punjab oleh komunitas Sikh. Mereka menari bersama-sama sambil diiringi musik khas India yang selalu membuat ingin berjoget. 

Para laki-laki terlihat memainkan alat musik yang merdu agar sejumlah penari di ladang gandum tak berhenti bergoyang. Sebuah traktor dijadikan properti untuk para penari berjoget di atasnya sambil riang gembira sebagai tanda musim panen akan tiba.  

Para penari tarian tradisional rakyat Punjab atau Bhangra tampak membawa alat untuk panen sebagai simbol betapa mereka menyambut antusias festival panen Baisakhi yang segera tiba. Festival ini hanya dilakukan ketika terjadi panen raya di India Utara.    

Baisakhi juga disebut Vaisakhi, dikenal sebagai festival panen Punjab. Festival ini dirayakan oleh semua orang lintas agama di India, tepatnya di pinggiran Amritsar. 

Selain menandai musim panen, Baisakhi juga mempunyai makna religius bagi penganut Sikh. Baisakhi menandai awal Tahun Baru Sikh. Acara puncak perayaan Baisakhi yakni pertunjukkan tarian tradisional Bhangra dan Gidda oleh laki-laki dan perempuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini