Sukses

Satgas Covid-19: Vaksin Nusantara Dikembangkan di AS, Diuji Coba di Indonesia

Wiku menegaskan, semua pengembangan dan uji coba vaksin Covid-19 di Indonesia seharusnya mendapat izin dari BPOM.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengungkap lebih jauh soal pengembangan vaksin Nusantara. Menurut Wiku, ada andil Amerika Serikat dalam penelitiannya sebelum diuji coba di Indonesia.

"Vaksin Nusantara adalah jenis vaksin yang dikembangkan di Amerika dan diujicobakan di Indonesia," kata Wiku, melalui jumpa pers daring, Kamis (15/4/2021).

Wiku menegaskan, semua pengembangan dan uji coba vaksin Covid-19 di Indonesia seharusnya mendapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Menurut dia, hal itu menjadi penting karena menyangkut keamanan dan kelayakan.

"Pada prinsipnya semua vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat harus mendapat izin dari BPOM terutama dalam aspek keamanan, efikasi, dan kelayakan," jelas Jubir Satgas Covid-19 ini.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengembang Vaksin Nusantara Berkoordinasi dengan BPOM

Wiku melanjutkan, pada prinsipnya pemerintah sealu mendukung trobosan baik yang dilakukan oleh anak bangsa. Dengan catatan, trobosan tersebut memenuhi kriteria dan kaidah berlaku.

"Selama memenuhi kriteria, pemerintah akan memberikan dukungan. Jadi diharapkan tim pengembang Vaksin Nusantara dapat berkoordinasi dengan baik dengan BPOM agar isu yang ada terkait vaksin ini dapat segera terselesaikan," yakin Wiku menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.