Sukses

Dalam Sepekan, Kasus Positif dan Kematian Akibat Covid-19 Kembali Meningkat

Liputan6.com, Jakarta - Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan kasus positif Covid-19 mengalami peningkatan sebesar 2,3 persen pada periode 15 hingga 21 Maret 2021. Padahal, pada pekan lalu, kasus positif Covid-19 sempat menurun sebesar 11,62 persen.

"Kenaikan (kasus positif Covid-19) sebesar 2,3 persen ini meskipun angkanya kecil namun tetap lah kenaikan kasus baru yang seharusnya tetap kita jaga untuk selalu turun," katanya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Selasa (23/2/2021).

Wiku menyebut, ada lima provinsi berberkontribusi tinggi dalam kasus positif Covid-19 pada periode 15 hingga 21 Maret 2021. Tiga di antaranya provinsi dari Pulau Jawa. Lima provinsi itu adalah DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Tengah.

Selain kasus positif, kasus kematian Covid-19 juga meningkat pada periode yang sama. Kasus kematian pada minggu ini meningkat sebesar 10 persen.

"Di minggu ini, kasus kematian (Covid-19) baru mengalami kenaikan 10 persen lebih besar dari minggu lalu yang naik sebesar 5,45 persen," jelasnya.

Wiku menjelaskan, ada lima provinsi yang menyumbang kasus kematian Covid-19 tertinggi pada pekan ini. Yakni, Jawa Timur, Banten, Lampung, Sulawesi Tengah dan Jambi.

 

2 dari 2 halaman

Angka Kesembuhan Menurun

Sementara itu, kesembuhan Covid-19 kembali menurun yakni sebesar 0,7 persen. Penurunan kesembuhan Covid-19 di Indonesia sudah terjadi selama enam pekan berturut-turut.

"Perkembangan untuk minggu ini yang positif, kematian dan kesembuhan baru menunjukkan perkembangan yang kurang diharapkan," tandasnya.