Sukses

3 Kabar Terbaru Terkait Kondisi Korban Selamat Kecelakaan Bus Maut di Sumedang

Jumlah korban yang tercatat dalam kecelakaan bus di Sumedang dilaporkan sebanyak 65 orang. Dari 65 orang tersebut, 29 orang meninggal dunia dan 21 orang telah dipulangkan ke Kabupaten Subang.

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan tunggal yang menimpa bus pariwisata Sri Padma Kencana di tanjakan Cae, Sumedang, Jawa Barat memakan puluhan korban. Sebanyak 29 di antaranya meninggal dunia dan 37 lainnya mengalami luka-luka.

Sebelum insiden nahas terjadi, bus dengan nomor polisi T 7591 TB, tengah membawa rombongan karya wisata dan ziarah para siswa SMP dan guru IT Al Muawwanah, Cisalak, Subang. Mereka dalam perjalanan menuju Subang setelah dari Pangandaran dan Tasikmalaya. 

Guna mengusut penyebab kecelakaan, polisi akan memeriksa sejumlah saksi. Namun, diduga insiden tersebut terjadi lantaran sang sopir hilang kendali. 

"Untuk faktor manusia didapatkan sopir tidak menguasai medan jalanan. Sedangkan faktor kendaraan dan lingkungan masih kita penyelidikan lebih lanjut," ujar Kepala Satlantas Polres Sumedang Ajun Komisaris Eryda Kusumah, Jumat, 12 Maret 2021. 

Jumlah korban yang tercatat dalam kecelakaan tersebut yaitu sebanyak 65 orang. Dari total 65 penumpang, 29 orang dilaporkan meninggal dunia dan 21 orang telah dipulangkan ke Kabupaten Subang.

Berikut kabar terbaru terkait kondisi para korban selamat bus pariwisata Sri Padma Kencana di Sumedang dihimpun Liputan6.com:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4 Orang Masih Dirawat di Ruang High Care Unit (HCU)

Dilaporkan hingga kini ada 14 orang korban selamat dalam kecelakaan maut bus Sri Padma Kencana di Sumedang, Jawa Barat yang tengah dalam pengawasan tim medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat.

Kepala Humas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang, Dahlan Indrayana mengatakan total ada empat orang korban saat ini masih dirawat di ruang High Care Unit (HCU). Dengan kondisi yang berangsur membaik.

"Yang dirawat di HCU itu semuanya sudah sadar. Hanya saja mereka masih memerlukan perawatan," ujar Dahlan.

3 dari 4 halaman

2 Orang Korban Masih Kritis di ICU

Dari 14 korban yang dirawat, dua di antaranya saat ini masih dalam penanganan intensif. Dahlan menyebut keduanya sempat mengalami kondisi tidak stabil.

Mereka kini dirawat di ruangan Intensive Care Unit (ICU) dan dalam pengawasan ketat para dokter. 

"Sampai hari ini keduanya masih dalam pengawasan ketat. Kemarin sore sempat ada penurunan, mudah-mudahan hari ini berangsur membaik," katanya.

4 dari 4 halaman

8 Orang Dirawat di Ruang Perawatan

Sementara, delapan korban kecelakaan bus lainnya masih dirawat di ruang perawatan biasa. Kondisinya pun semakin membaik. Para korban tersebut bisa pulang ke rumahnya dalam waktu dekat.

"Semuanya dalam kondisi yang stabil, mudah-mudahan Senin bisa pulang," tuturnya.

Adapun seluruh biaya perawatan korban kecelakaan maut bus di Sumedang itu sudah ditanggung oleh Jasa Raharja. Selain itu, pihak Pemerintah Kabupaten Subang sudah bersedia untuk menanggung biaya tambahan tersebut jika pasien memerlukan perawatan khusus.

"Pada hari pertama setelah kecelakaan, Pemkab Subang telah menghubungi kami dan mereka mengatakan kalau para korban akan menggunakan dana dari Pemda," kata Dahlan.

 

 

Cinta Islamiwati (Magang)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.