Sukses

Ganjar Ungkap Penyebab Banjir di Kantor Gubernur Jawa Tengah

Hujan deras yang mengguyur Kota Semarang pada Selasa sore turut menyebabkan banjir di kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah terendam banjir setelah diguyur hujan deras pada Selasa (23/2/2021). Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pun langsung mengecek ke lokasi untuk mencari penyebab banjir di kantornya yang berada di kawasan Jalan Pahlawan, Kota Semarang.

Hujan deras pada Selasa sore itu menyebabkan kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah yang meliputi halaman kantor, lantai 1 Gedung B, dan selasar penghubung ke Gedung A terendam banjir.

"Agak aneh, pada saat saya masih di Kudus dilapori kondisi kantor banjir itu, aneh menurut saya, karena di bagian parkir itu airnya enggak bisa keluar, itu impossible. Pasti ada yang tersumbat," kata Ganjar usai melakukan pengecekan pada Selasa malam (23/2/2021).

Setelah dicek, ganjar mengungkapkan bahwa tanggul dari pagar pengerjaan proyek Gedung DPRD Jawa Tengah dan sedimentasi pada saluran air merupakan faktor penyebab banjir di kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah.

"Pembangunan Gedung DPRD ini, ternyata ada tanggul kecil di situ, ada tanggul kecil yang menutup antara gedung ini sampai pagar sana, jadi betul-betul air enggak punya kesempatan lewat," katanya dikutip dari Antara.

Ganjar sudah meminta pengelola proyek pembangunan Gedung DPRD Provinsi Jawa Tengah untuk tidak membuat tanggul di areal pagar proyek.

Dia juga memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum Jawa Tengah untuk mengeruk sedimentasi pada saluran air di belakang kantor gubernur.

"Tadi saya minta untuk malam ini sampahnya dikeruk, sedimennya dikeruk. Saya khawatir enggak kelihatan itu yang masuk di sana di dalamnya tersumbat atau tidak," katanya.

"Kalau itu sudah bisa dibolong, terus kemudian bisa diambil sampahnya, mudah-mudahan lebih lancar," ia menambahkan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banjir di Simpang Lima Semarang

Gubernur juga mendapat laporan mengenai genangan di kawasan Simpang Lima dan langsung menghubungi Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juana dan kepala daerah setempat untuk segera mengaktifkan seluruh pompa yang ada di Kota Semarang.

"Tadi saya juga sempat kontak Wali Kota Semarang dan BBWS agar semua pompa di-on-kan seluruh Semarang, maka kurang lebih satu jam yang Simpang Lima sudah surut," ujarnya.

Gubernur juga melakukan pengecekan di kawasan Jalan Menteri Supeno dekat Masjid At-Taqwa, yang juga diduga jadi sumber banjir di kompleks kantor Gubernur Jawa Tengah.

Saat Gubernur tiba di kantornya pada Selasa sekitar pukul 20.00 WIB, banjir sudah mulai surut. Dia kemudian mengecek area parkir di belakang Gedung B yang tergenang setinggi lutut kaki orang dewasa.

"Ini tadi dijebol Pak," kata seorang pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggunakan Bahasa Jawa sambil menunjuk tanggul pagar dari proyek pembangunan Gedung DPRD Jawa Tengah yang dijebol guna memperlancar aliran air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.