Sukses

Anies Baswedan: Beberapa Pengungsi Banjir Jakarta Positif Covid-19

Para pengungsi banjir yang terkonfirmasi Covid-19 itu kemudian ditempatkan di tenda isolasi dan dilakukan pengetesan lebih jauh serta diberi pelayanan medis yang dibutuhkan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, beberapa pengungsi banjir di ibu kota dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani pemeriksaan antigen. Saat ini, tersisa 10 titik tempat pengungsian seiring dengan surutnya banjir di sejumlah wilayah ibu kota.

"Saat ini masih ada 10 tempat pengungsian aktif dari sebelumnya ada 44 titik, ini kami fasilitasi sampai bisa berkegiatan kembali. Dari pengungsinya, ada di beberapa lokasi yang memang ketika dites antigen hasilnya positif Covid-19," kata Anies di Jakarta, Minggu (21/2/2021).

Seperti dikutip dari Antara, para pengungsi yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu kemudian ditempatkan di tenda isolasi dan dilakukan pengetesan lebih jauh serta diberi pelayanan medis yang dibutuhkan.

Jika pengungsi tersebut memerlukan isolasi akan diarahkan untuk mendapatkan perawatan di fasilitas isolasi terkendali milik pemerintah. "Bila butuhnya perawatan rumah sakit, maka diantar ke rumah sakit," kata Anies.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, hingga Minggu pukul 15.00, terdapat 15 RW terdiri atas 29 RT yang masih terdampak banjir, dari total 30.470 RT yang ada di Jakarta atau 0,095 persen.

Angka tersebut menurun jika dibandingkan pada Sabtu (20/2/2021), wilayah terdampak banjir sempat mencapai 113 RW yang terdiri atas 342 RT.

Sementara jumlah pengungsi saat ini sebanyak 1.332 jiwa dari 384 KK, semuanya dari wilayah Jakarta Timur. Angka tersebut juga telah menurun dari hari sebelumnya yang mencapai 3.311 jiwa pengungsi, tersebar di 44 lokasi pengungsian.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Orang Meninggal Akibat Banjir Jakarta

Kemudian dilaporkan juga ada lima orang meninggal dunia akibat banjir. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD DKI Jakarta Sabdo Kurnianto mengatakan, empat di antara korban itu adalah anak-anak dan satu pria lanjut usia (67 tahun).

Korban merupakan lansia 67 tahun berjenis kelamin laki-laki yang terkunci di dalam rumah, di Jatipadang, Jakarta Selatan.

Selain itu, empat anak-anak terdiri atas tiga anak laki-laki di Jakarta Selatan dan Jakarta Barat yang hanyut terseret arus banjir saat sedang bermain.

"Satu anak perempuan usia tujuh tahun yang tenggelam di Jakarta Barat," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.