Sukses

Jokowi: Tidak Ada Reshuflle Kabinet, Kita Urusi Pandemi Covid-19

Jokowi menegaskan tidak berencana melakukan reshuffle kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan tidak berencana melakukan reshuffle kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat.

Dia menuturkan, saat ini dirinya tenga berfokus menangani pandemi Covid-19. Adapun ini disampaikannya saat berbincang dengan para pemimpin redaksi media nasional di Istana Merdeka Jakarta, Rabu, 17 Februari 2021.

Adapun video pertemuan baru diunggah di Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (20/2/2021).

"Tidak ada, tidak ada. Kita urus pandemi ini, reshuffle lagi, itu siapa lagi itu. Referensinya siapa," kata Jokowi.

Diapun kembali menegaskan, bahwa tidak ada reshuffle.

"Tidak. Saya jawab tegas, tidak ada (reshuffle kabinet)," kata Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Reshuffle

Seperti diketahui, Jokowi melakukan reshuffle kabinet Indonesia Maju pada Rabu 23 Desember 2020. Setidaknya, ada enam kementerian yang dirombak oleh Jokowi.

Mereka antara lain, Walikota Surabaya Tri Rismaharini yang mengisi posisi Menteri Sosial. Dia menggantikan rekannya di PDIP, Juliari Batubara yang tersandung kasus dugaan suap dana bantuan sosial.

Kemudian, Jokowi menunjuk lawannya di Pilpres 2019, Sandiaga Uno sebagak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sandiaga menggantikan posisi Wishnutama, yang baru setahun dilantik menjadi menteri.

Selain itu, Jokowi mencopot Terawan Agus Putranto dari jabatan Menteri Kesehatan. Posisi Terawan lalu diisi oleh Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Budi Gunadi Sadikin. Budi Gunadi sendiri tidak memiliki latar belakang di bidang kesehatan.

Selanjutnya, Jokowi mendepak Fachrul Razie dari Menteri Agama. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu lalu memasukkan Ketua PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas memimpin Kementerian Agama.

Jokowi juga mengumumkan Wahyu Sakti Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Wahyu yang sebelumnya menjabat Wakil Menteri Pertahanan menggantikan Edhy Prabowo yang menjadi tersangka dalam kasus ekspor benih lobster.

Terakhir, Jokowi menunjuk Muhammad Luthfi menggantikan posisi Agus Suparmanto sebagai Menteri Perdagangan. Sebelum ditunjuk menjadi menteri, Luthfi merupakan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet