Sukses

Jokowi: Kunci Perluasan Kesempatan Kerja dari Pelaku Usaha, Bukan Pemerintah

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta pelaku usaha memperluas lapangan pekerjaan untuk masyarakat. Menurut dia, perluasan lapangan pekerjaan yang berkelanjutan dapat terlaksana apabila para pelaku usaha ikut berkontribusi.

"Perluasan kesempatan kerja yang bisa berkelanjutan adalah dari para pelaku usaha, dari dunia usaha, kuncinya di situ, bukan pemerintah," ujar Jokowi saat memberikan sambutan dalam Perayaan Imlek Nasional 2021 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Sabtu (20/2/2021).

Dia menyebut bahwa lapangan pekerjaan merupakan hal yang saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Jokowi mengatakan bahwa pemerintah juga telah melalukan upaya agar masyarakat dapat mendapatkan pekerjaan melalui program padat karya di kementerian/lembaga.

"(Tapi) kalau yang melakukan dari dunia usaha akan berkelanjutkan, ini yang dibutuhkan masyarakat," jelasnya. 

Di sisi lain, Jokowi menyebut pemerintah tengah melakukan berbagai upaya untuk memulihkan kembali ekonomi nasional yang dihantam pandemi Covid-19. Hal ini agar para pelaku usaha baik yang kecil, menengah, dan besar dapat kembali produktif.

 

2 dari 3 halaman

Produk Dalam Negeri Jadi Prioritas

Jokowi juga mengaku bahwa telah memerintahkan agar belanja pemerintah lebih diprioritaskan untuk produk-produk dalam negeri.

Di sektor manufaktur, pemerintah bahkan memangkas penerimaan pajak dengan pembebasan dan pengurangan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) untuk mobil hingga akhir tahun.

"Diberikan juga kemarin rumah DP nol persen. Saya kira cara-cara ini yang nanti akan bisa membangkitkan permintaan, konsumsi, daya beli masyarakat," jelas Jokowi.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: