Sukses

4 Pernyataan Jokowi saat Tinjau Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua

Tak sendiri, Jokowi juga terlihat didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat meninjau vaksinasi Covid-19 di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada hari ini, Rabu (17/2/2021) meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap dua kepada pedagang Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Memang, pedagang pasar merupakan salah satu kelompok prioritas vaksinasi Covid-19 tahap dua. Jokowi tiba di Pasar Tanah Abang sekitar pukul 09.00 WIB.

Tak sendiri, Jokowi juga terlihat didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan bahwa vaksinasi Covid-19 di Pasar Tanah Abang merupakan kerjasama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Yang dalam kalkulasi kami ada 16,9 juta yang akan divaksinasi," kata Jokowi di lokasi, Rabu (17/2/2021).

Selain itu, Jokowi pun juga berharap para pekerja pelayanan publik, baik aparat keamanan, pedagang pasar, wartawan, atlet, serta di toko dan mal juga akan diberikan vaksinasi Covid-19.

Berikut sejumlah hal yang disampaikan Jokowi saat meninjau vaksinasi Covid-19 tahap dua kepada pedagang Pasar Tanah Abang dihimpun Liputan6.com:

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Sebut Manajemen Lapangan Sangat Baik

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memantau berlangsungnya proses vaksinasi Covid-19 tahap kedua yang menyasar pekerja pelayanan publik pada Rabu pagi (17/2/2021).

Vaksinasi tahap dua ini diawali dengan penyuntikan vaksin ke pegawai dan pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Melalui siaran langsung YouTube Sekretariat Presiden, dengan mengenakan kemeja putih Jokowi memantau jalannya proses vaksinasi ditemani oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Menurut Jokowi, vaksinasi Covid-19 di Tanah Abang ini berjalan dengan baik.

"Tadi sudah kita lihat semuanya berjalan dengan baik, manajemen lapangannya sangat baik," ujar Jokowi.

 

3 dari 6 halaman

Harapkan Jumlah Orang Divaksin Terus Bertambah

Pada pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap kedua, yang menjadi sasaran pemerintah adalah petugas pelayanan publik dan masyarakat lanjut usia (lansia).

Pedagang pasar seperti yang ada di Pasar Tanah Abang masuk kategori petugas pelayanan publik, lantaran setiap hari berinteraksi dengan pembeli yang membuat mereka rentan terpapar dan tertular Virus Corona.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan bahwa vaksinasi Covid-19 di Pasar Tanah Abang merupakan kerjasama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Ia berharap seluruh pegawai publik baik aparat keamanan, para pedagang pasar, wartawan, atlet, dan pekerja lainnya semuanya dapat divaksinasi.

 

4 dari 6 halaman

Akan Lanjutkan Vaksinasi ke Wilayah Lain

Jokowi memastikan vaksinasi Covid-19 tahap kedua tak hanya dilakukan di DKI Jakarta saja, namun akan dilajutkan ke daerah-daerah lain.

"Ini akan berjalan setelah di Provinsi DKI Jakarta akan berjalan di provinsi-provinsi yang lain. Sehingga, kita harapkan nanti jumlah yang divaksin setiap hari akan naik secara drastis," terang Jokowi.

Menurut dia, vaksinasi tahap kedua menyasar aparat keamanan yakni TNI-Polri, para pedagang pasar, wartawan, hingga atlet. Selain itu, semua pekerja-pekerja di toko dan mal juga akan divaksinasi.

 

5 dari 6 halaman

Bidik 16,9 Juta Tenaga Layanan Publik

Jokowi mengatakan, pemerintah menargetkan 16,9 juta para pelaku pelayanan publik akan mendapatkan vaksin Covid-19.

Selain itu, sebanyak 21,5 juta masyarakat lansia juga diharapkan akan mendapatkan vaksin.

"Pemerintah menargetkan 16,9 juta sasaran untuk pelayanan publik, dan 21,5 juta vaksinasi untuk para lansia," jelas Jokowi.

6 dari 6 halaman

Syarat Lansia, Komorbid hingga Ibu Menyusui Disuntik Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.