Sukses

Jokowi: Vaksinasi Covid-19 Bidik 16,9 Juta Tenaga Layanan Publik

Jokowi mengatakan, setelah vaksinasi ini dilakukan di Jakarta, maka akan dilanjutkan ke provinsi-provinsi lain di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah menargetkan 16,9 juta para pelaku pelayanan publik akan mendapatkan vaksin Covid-19. Selain itu, sebanyak 21,5 juta masyarakat lansia juga diharapkan akan mendapatkan vaksin.

"Pemerintah menargetkan 16,9 juta sasaran untuk pelayanan publik, dan 21,5 juta vaksinasi untuk para lansia," kata Jokowi saat meninjau vaksinasi Covid-19 di Pasar Tanah Abang pada Rabu (17/2/2021).

Ia pun menyambut baik proses vaksinasi yang berjalan lancar dan aman di Pasar Tanah Abang. Jokowi mengatakan, setelah vaksinasi ini dilakukan di Jakarta, maka akan dilanjutkan ke provinsi-provinsi lain di Indonesia.

Saat di Pasar Tanah Abang, Jokowi tampak berkeliling menyaksikan proses dan alur vaksinasi Covid-19 untuk para pedagang.

Ia juga meninjau lantai 12 blok A Pasar Tanah Abang, yang merupakan tempat untuk penyuntikan vaksin bagi para pegawai PD Pasar Jaya. Selain di lantai 12, penyuntikan vaksin juga digelar di lantai 8 blok A untuk para pedagang Tanah Abang.

Proses vaksinasi pada hari ini terdiri dari empat alur, yaitu pendaftaran ulang, screening, vaksinasi, dan observasi. Peserta vaksin tidak boleh langsung pulang, karena harus ada observasi agar petugas kesehatan bisa tahu apa yang mereka rasakan setelah divaksin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemenkes: 9.791 Pedagang Pasar Tanah Abang Bakal Ikut Vaksinasi COVID-19

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) akan menggelar vaksinasi COVID-19 di Pasar Tanah Abang Blok A pada hari ini, Rabu, 17 Februari 2021. Kemenkes memastikan bahwa 9.791 pedagang Pasar Tanah Abang akan mengikuti vaksinasi tahap kedua tersebut.

Angka 9.791 calon peserta vaksinasi COVID-19 diperoleh dari PD Pasar Jaya selaku BUMD pengelola pasar di DKI Jakarta setelah melakukan skrining pada Selasa, 16 Februari 2021.

lt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, Maxi Rein Rondonuwu, mengatakan, rencananya vaksinasi akan dilakukan selama enam hari agar semua pedagang dan warga di kawasan Pasar Tanah Abang dapat mengikutinya.

Pada pelaksanaan vaksinasi COVID-19 hari pertama ini dimulai sejak pukul 07.00 WIB di lantai 8 dan lantai 12.

“Kita mulai besok, tahap awal 1.000 sampai 2.000,” kata Maxi usai meninjau persiapan vaksinasi COVID-19 di Pasar Tanah Abang Blok A seperti yang dikutip dari Antara.

Para pedagang Pasar Tanah Abang Blok A diarahkan untuk mengikuti vaksinasi di lantai 8. Sementara itu pihak pengelola dan pegawai akan divaksin di lantai 12.

Guna mencegah kerumunan sebagai bagian dari protokol kesehatan, petugas Kepolisian Sektor Tanah Abang ditambah dengan Koramil 05 Bendungan Hilir akan disiapkan untuk membantu.

Setiap orang membutuhkan waktu sekitar 39 menit dalam proses vaksinasi yang dimulai dari registrasi, penyuntikan vaksin, sampai observasi. Pada penyelenggaraan vaksinasi COVID-19 tahap kedua di Pasar Tanah Abang akan ada 50 vaksinator yang bertugas.

Penulis : Abel Pramudya Nugrahadi  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.