Sukses

Jokowi Ditemani Anies Tinjau Vaksinasi Covid-19 Pedagang Pasar Tanah Abang

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap dua kepada pedagang Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat, Rabu (17/2/2021). Penyuntikan vaksin Covid-19 dilakukan di lantai 8 Blok A Pasar Tanah Abang.

Berdasarkan pantauan dari Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi telah tiba di Pasar Tanah Abang sekitar pukul 09.00 WIB. Dia didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Setidaknya, ada 1.000 pedagang Pasar Tanah Abang yang diperkirakan akan menerima vaksin Covid-19 buatan perusahaan China, Sinovac, hari ini.

Jokowi pun sempat berkeliling melihat langsung proses penyuntikan vaksin tahap dua kepada pedagang Pasar Tanah Abang.

Dia juga tampak berbincang dengan sejumlah pedagang Pasar Tanah Abang yang sedang menunggu divaksin.

"Siap ya (divaksin). Biar cepat ramai," ucap Jokowi.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Vaksinasi dimulai sejak 13 Januari 2021

Program vaksinasi di Indonesia sudah dimulai sejak 13 Januari 2021 di mana Jokowi menjadi orang pertama yang disuntik vaksin produksi Sinovac. Untuk tahap awal, vaksinasi diprioritaskan kepada 1,5 juta tenaga kesehatan.

Selanjutnya, vaksinasi Covid-19 tahap dua diberikan kepada petugas layanan publik dan orang lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun. Petugas layanan publik yang dimaksud yakni damkar, BPBD, BUMN, BUMD, BPJS, kepala atau perangkat desa.

Selain petugas layanan publik dan lansia, pemerintah juga memprioritaskan vaksinasi Covid-19 pada pedagang pasar, pendidik (guru, dosen, tenaga pendidik), tokoh agama dan penyuluh pada tahap dua ini. Kemudian, wakil rakyat, pejabat pemerintah dan ASN, petugas keamanan, petugas pariwisata, hotel, restoran, atlet dan pekerja transportasi publik.

Total sasaran vaksinasi Covid-19 tahap dua mencapai 38.513.446 orang. Sekitar 21 juta di antaranya merupakan lansia, sisanya pekerja layanan publik dan kelompok prioritas lain. Vaksinasi Covid-19 tahap dua mulai dilaksanakan pada pertengahan Februari hingga Mei 2021.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: