Sukses

Reaktif Covid-19, 2 Pengguna Tol Diputar Balik Korlantas Polri

Korlantas Polri memberlakukan rapid test antigen secara acak kepada pengguna tol untuk menekan penularan Covid-19 saat momentum libur Imlek 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyediakan layanan rapid test antigen drive thru atau lantatur di sejumlah rest area atau tempat istirahat tol. Hal itu dilakukan dalam rangka menekan penularan Covid-19 saat momen libur Imlek 2021.

Dilaporkan, terdapat dua sampel pengendara yang dinyatakan reaktif Covid-19 dalam operasi yang dilakukan pada Jumat 12 Februari 2021.

Kakorlantas Polri Irjen Istiono tak menyebut secara rinci identitas pengendara tersebut, namun keduanya diputar balik.

"Saya cek hasilnya kemarin tuh ada dua yang reaktif, kemudian diputar balik untuk tindak lanjut dengan (tes usap) PCR," kata Istiono, dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/2/2021) malam.

Istiono menerangkan, rapid test antigen digelar secara random dengan target 100-200 orang per-hari.

Hari ini, Istiono menyebut, sebanyak 142 pengguna jalan tol diminta menjalani rapid test antigen. Hasilnya, semua pengendara dinyatakan non-reaktif Covid-19.

"Barusan tadi kita cek, sampai hari ini tadi tes cek random 142 dicek, dan hasilnya semua negatif," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pantau Pos Gadok Puncak Bogor

Istiono bersama Kabagops Korlantas Kombes Rudi Antariksa, mengecek kondisi arus lalu lintas di kawasan Puncak. Dia mengunjungi pos pengamanan dan posko pelayanan swab test Tangguh Polres Bogor yang terletak di Simpang Gadog, Sabtu (13/1/2021).

"Kemarin kita lakukan beberapa check point kaitannya dengan pemeriksaan atas rapid antigen di beberapa rest area. Dan hari ini kita coba di beberapa titik khususnya di Pos Gadog ini, saya lihat hari ini dan kemarin sudah kita pantau teman-teman di Pos Gadog ini sebagai pos tangguh Covid-19 dan PPKM," ucap dia.

Istiono memastikan pihaknya terus memantau simpul-simpul pergerakan kendaraan dan orang-orang yang sangat rentan terhadap penularan dan penyebaran dari covid-19.

"Ini harus terus kita lakukan simpul-simpul pergerakan orang dan kendaraan harus kita pantau pada orang-orang yang sangat rentan terhadap penularan dan penyebaran dari covid-19 ini," ujar dia.

Sementara itu, arus lalu lintas dalam rangka libur Imlek terpantau relatif lancar. Dan antisipasi penyebaran covid-19 berlangsung efektif dengan memaksimalkan protokol kesehatan bagi pengendara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.