Sukses

Mahfud Md Sebut Banyak Rekomendasi Ombudsman Tak Dijalankan Pemerintah

Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan, kinerja Ombudsman Republik Indonesia (ORI) sudah baik.

Liputan6.com, Jakarta Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan, kinerja Ombudsman Republik Indonesia (ORI) sudah baik. Hal ini dibuktikan dari pencapaian di tahun 2020 yang 7.204 laporan dan 5.538 konsultasi non laporan, setengahnya diselesaikan.

"Yang diselesaikan dari itu semua 4.103 laporan, masih ditambah 8 kajian untuk meluruskan pengawasan terhadap administrasi negara agar tak terjadi maladministrasi," kata Mahfud Md dalam acara laporan tahunan ORI 2020 yang disiarkan secara daring, Senin (8/2/2021).

Dia mengakui, banyak rekomendasi atau putusan ORI tak dijalankan pemerintah atau institusi yang ada. Dan ada contoh kasusnya.

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5

"Kita masih sering mendengar keluhan keputusan ORI banyak yang tidak ditindaklanjuti pemerintah. Dulu ada kasus misal beberapa tahun lalu, kasus Ristekdikti termasuk pengelolaan perguruan tinggi, sudah direkomendasikan tapi tidak juga dilaksanakan," ungkap Mahfud Md.

Dia memahami, ketidakpatuhan pemerintah dah institusinya dalam menjalankan rekomendasi ORI adalah masalah teknis dan psikologis di tingkat lembaga terkait. Bahkan, untuk sekelas PTUN saja, banyak lembaga yang tidak melaksanakannya.

"Jangankan keputusan ORI, keputusan peradilan ketatanegaraan yang namanya PTUN itu banyak yang tidak dilaksanakan," kata Mahfud Md.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Optimis

Meski demikian, Mahfud Md optimis, bawa ke depan putusan apa pun diterima pemerintah dan institusinya bisa disikapi lebih baik, baik dari ORI atau PTUN.

"Kita jangan putus asa, karena sekarang ini, hasilnya jauh lebih baik, jauh lebih bermanfaat daripada tidak ada, PTUN, ORI, saya katakan banyak produknya yang tidak dilaksanakan tidak ditindaklanjuti, tapi tidak semuanya," jelas dia.

Dia mendorong, ke depan agar ORI dan PTUN bisa lebih efektif. Salah satu caranya menurut Maffud, adalah dengan bersabar. Dia percaya, waktu juga adalah jawaban terbaik untuk sebuah perbaikan.

"Semua berporses dari yang tidak sempurna menjadi agak baik, lebih baik, dan sangat baik, sehingga usia ORI yang sudah 12 tahun ini ORI harus berktekad meningkatkan prestasi," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.