Sukses

Waspada Banjir, Debit Air Sungai Ciliwung Depok Siaga Dua

Warga Jakarta yang tinggal di sekitar bantaran Sungai Ciliwung diminta mewaspadai banjir.

Liputan6.com, Depok - Debit air di Sungai Ciliwung terus meningkat akibat hujan yang mengguyur wilayah Jabodetabek sejak Minggu 7 Februari 2021. Tercatat, debit air Sungai Ciliwung di Jembatan Panus, Kelurahan Depok, Pancoranmas, Kota Depok pada Senin (8/2/2021) berada di ketinggain 260 sentimeter atau Siaga Dua.

Petugas Pos Pantau Sungai Ciliwung Jembatan Panus, Syarif mengatakan, debit air sungai meningkat sejak pukul 09.00 WIB hingga saat ini. Ketinggian air di Sungai Ciliwung terus dipantau dan disampaikan kepada pos pantau di wilayah Jakarta untuk mengantisipasi banjir.

“Saat ini ketinggian air mencapai 260 sentimeter atau Siaga Dua,” ujar Syarif, Senin (8/2/2021).

Melihat prakiraan cuaca pada hari ini, Syarif memprediksi debit air di Sungai Ciliwung akan terus bertambah. Untuk itu, pihaknya terus berkoordinasi dengan pos pantau di Katulampa Bogor dan mencari informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Informasi di Katulampa Bogor titik tertingginya mencapai 280 sentimeter dan sepertinya sudah sampai di Depok, namun apabila terjadi hujan lokal kemungkinan akan terus bertambah,” terang Syarif.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waspada Luapan Sungai

Syarif mengungkapkan, ketinggian air di Sungai Ciliwung yang terlihat di pos pantau Jembatan Panus diperkirakan akan sampai di Jakarta sekitar pukul 14.00 - 15.00 WIB.

Dirinya meminta masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran Sungai Ciliwung untuk mewaspadai banjir akibat meluapnya air sungai ke permukiman warga.

“Warga di sekitar Ciliwung dapat mengantisipasi ketinggian air karena kita lihat sudah masuk Siaga Dua,” tutup Syarif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.