Sukses

TPU Srengseng Sawah 2 Sudah Mulai Digunakan untuk Pemakaman Prokes Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Ivan Murcahyo menyatakan TPU Srengseng Sawah 2 telah mulai menerima pemakaman dengan protokol kesehatan Covid-19.

Kata dia, kapasitas di TPU Srengseng Sawah 2 sebanyak ribuan petak makam.

"Kalau di Srengseng Sawah 2 kemarin baru buka kapasitasnya ada 1.020 petak. Kemarin baru terpakai 10-20 petak," kata Ivan saat dihubungi, Senin (1/2/2021).

Lanjut dia, saat ini Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta telah menyiapkan sejumlah lokasi TPU dengan protokol kesehatan. Seperti halnya Srengseng Sawah 2, Tegal Alur, dan Bambu Wulung.

Ivan menyatakan TPU Srengseng Sawah 2 dapat menampung untuk pengiriman jenazah di wilayah Selatan, sebagian Timur dan Pusat.

"Utara dan Timur kita kirim ke Bambu Wulung.jadi dua titik ini cukup bisa mengakomodasi supaya tidak terlalu jauh transfer jenazah dari masing-masing wilayah kota," ucapnya.

 

2 dari 3 halaman

Luas Makam Dikurangi

Sementara itu, Penanggung Jawab Pelaksana Pemakaman Covid-19 TPU Bambu Wulung, Jakarta Timur Muhaemin mengatakan pihaknya melakukan strategi dalam pengadaan lahan makam.

Kata dia, hal tersebut dilakukan guna penghematan lahan yang ada. Sebab diperkirakan dapat menambah dua kali lipat dari kapasitas semula.

"Biasanya, per petak makam 2,5 x 1,5 meter persegi, kini diringkas menjadi 1,2 x 2,2 meter persegi per lubang atau petak makam," kata Muhaemin saat dikonfirmasi, Jumat (29/1/2021).

Lanjut Muhaemin, meski ukurannya lebih kecil namun masih terdapat jarak sekitar 40 sentimeter setiap sisinya. Kata dia, ukuran tersebut dapat digunakan untuk memasukkan peti jenazah.

TPU Bambu Wulung memiliki luas lahan 3.000 meter persegi yang terbagi menjadi tiga blad untuk pemakaman khusus Covid-19 dan sisanya untuk pemakaman umum.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: