Sukses

Top 3 News: Saat Gunung Merapi, Sinabung, Semeru Erupsi di Hari yang Sama

Liputan6.com, Jakarta Ada tiga gunung di wilayah Indonesia yang mengalami erupsi dalam waktu yang berdekatan di hari yang sama menjadi berita terpopuler pertama di top 3 news, Kamis, 21 Januari 2021.

Ketiga gunung tersebut adalah Gunung Semeru di Lumajang-Malang, Jawa Timur, Gunung Sinabung di Sumatera Utara, dan Gunung Merapi di Yogyakarta. Erupsi terjadi pada Minggu, 17 Januari, mulai pukul 00.00-06.00 WIB.

Fenomena tak biasa itu pun sontak memunculkan analisa beragam dari masyarakat. Ada yang menyebut ketiga gunung saling terhubung saat erupsi. Menurut Kepala PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM Kasbani, ketiga gunung tidak saling memengaruhi karena memiliki kantong magma yang berbeda.

Berita terpopuler lainnya terkait aksi tukar mobil dengan delapan jenis tanaman hias di Pasar Tanaman Hias, Kota Bogor, Jawa Barat. Aksi tersebut dilakukan seorang warga Depok bernama Deni Lacon, Rabu, 20 Januari 2021.

Pria yang mengaku hobi dengan tanaman hias itu menukarkan mobil Honda Brio miliknya untuk delapan tanaman hias dengan total Rp 150 juta. 

Sementara itu, sebanyak 241 orang kini mengungsi akibat banjir bandang yang menerjang Gunung Mas, Puncak, Bogor, Selasa, 19 Januari lalu. Meski tak ada korban jiwa, dilaporkan tak sedikit rumah warga yang mengalami rusak berat.

Selain disebabkan curah hujan tinggi di kawasan tersebut, material longsor yang menutupi aliran sungai disebut menjadi pemicu banjir bandang terjadi. 

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Kamis, 21 Januari 2021:

2 dari 5 halaman

1. HEADLINE: Gunung Merapi, Semeru, Sinabung Erupsi Bersamaan, Fenomena Apa?

Tiga gunung api di Indonesia mengalami erupsi dalam sehari, tepatnya pada Minggu dini hari, 17 Januari 2021. Peristiwa itu tercatat dalam situs Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

Tiga gunung yang meletus yakni Gunung Merapi di Yogyakarta, Gunung Semeru di Lumajang-Malang, Jawa Timur dan Gunung Sinabung di Sumatera Utara. Ketiganya dilaporkan erupsi mulai pukul 00.00-06.00 WIB, Minggu 17 Januari 2021.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta mencatat hasil pengamatan Gunung Merapi pada Minggu 17 Januari 2021, pukul 00.00-06.00 WIB. Selama enam jam pengamatan, terpantau adanya guguran lava pijar sebanyak 36 kali.

Erupsi juga terjadi pada Gunung Semeru. Berdasarkan laporan pengamatan Badan Geologi PVMBG Kementerian ESDM di periode yang sama, terdengar 3 kali letusan atau gemuruh.

Sementara di Sinabung, terjadi erupsi pada hari yang sama pukul 01.26 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 500 m di atas puncak

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Warga Depok Ini Tukar Mobil Honda dengan Janda Bolong

Seorang pria asal Depok, Jawa Barat rela menukar mobil dengan delapan jenis tanaman hias di Pasar Tanaman Hias, Kota Bogor.

Jenis tanaman yang dibeli pria bernama Deni Lacon ini di antaranya Monstera Andasoni Varigata atau Janda Bolong, Florida Beauty, Monstera Marmorata dan Philodendron Billetiae. Dia membayarnya dengan menukarkan mobil Honda Brio miliknya.

Deni mengaku memang sedang mencari tanaman hias untuk menambah koleksi di rumahnya. Salah satunya jenis tanaman janda bolong.

"Kebetulan saya lihat di pameran ini tanamannya bagus-bagus, dan memang lagi saya cari jenis itu," kata Denny kepada wartawan, Rabu (20/1/2021).

Transaksi itu pun berjalan spontanitas dan cukup singkat. Keduanya menyepakati delapan jenis tanaman hias tersebut dibayar dengan satu unit mobil.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. 6 Perkembangan Terbaru Usai Banjir Bandang Terjang Gunung Mas Puncak Bogor

Bencana banjir bandang menerjang kawasan Komplek Gunung Mas, tepatnya di Desa Tugu Selatan, Kawasan Puncak, Cisarua, Bogor, Jawa Barat pada Selasa, 19 Januari 2021.

Banjir bandang tersebut diduga karena longsor yang terjadi di hulu Sungai Cisampay. Hal itu disampaikan Kepala Desa Tugu Selatan M Eko Windiyana.

Menurut Eko, sebulan lalu sempat terjadi longsor di kawasan Curug Halimun, yang menjadi hulu Sungai Cisampay.

"Kemungkinan material longsor masih menutupi aliran sungai itu, sehingga pada saat hujan lebat air meluap dan menyebabkan banjir bandang," ujar Eko, Selasa, 19 Januari 2021.

Akibat banjir bandang tersebut, sebanyak 241 orang kini mengungsi.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: