Sukses

Harapan Forum Jurnalis Betawi atas Terpilihnya Marullah Matali Jadi Sekda DKI

Forum Jurnalis Betawi atau FJB berharap terpilihnya Marullah Matali menjadi Sekda Provinsi DKI Jakarta menjadi inspirasi dan mendorong generasi muda Betawi.

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali terpilih menjadi Sekretaris Daerah atau Sekda DKI Jakarta. Ia menggantikan Saefullah yang wafat karena Covid-19. Hal tersebut dibenarkan Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono.

"Iya (Marullah terpilih) surat keputusan (SK) sudah dikirim ke Pemda DKI," kata Heru saat dihubungi, Kamis, 14 Januari 2021.

Terpilihnya Marullah pun mendapat berbagai tanggapan. Misalnya salah satunya dari Forum Jurnalis Betawi atau FJB.

"FJB sangat mengapresiasi terhadap proses lelang jabatan Sekda yang dimulai sejak Oktober tahun lalu," ujar Ketua FJB Ahmad Buchori melalui keterangan resminya, Jumat (15/1/2021)

Menurut dia, melalui proses lelang yang digelar secara transparan itu, dapat diketahui bagaimana seseorang dapat terpilih untuk menjabat. Ada nilai-nilai terukur terhadap kemampuan seseorang sehingga Marullah dipilih.

"Dengan dipilihnya Marullah putra Betawi sebagai Sekda Provinsi DKI Jakarta melalui proses ketat dan transparan, menunjukkan bahwa orang Betawi sebenarnya mampu menduduki jabatan strategis di pemerintahan provinsi. Apalagi sebelum Marullah, jabatan sekda juga dijabat oleh anak Betawi lainnya, Saefullah yang meninggal karena sakit," ujar kata Buchori.

Dia mengatakan, FJB berharap terpilihnya Marullah Matali menjadi Sekda Provinsi DKI Jakarta menjadi inspirasi dan mendorong generasi muda Betawi siap berkiprah di pemerintahan tingkat provinsi, bahkan tingkat pusat.

"FJB menilai orang Betawi mempunyai kemampuan untuk berkiprah di pemerintahan tersebut sehingga eksistensi Betawi sebagai masyarakat inti kota Jakarta tetap terjaga," terang Buchori.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Putra Betawi Asli

Buchori menjelaskan, menurut informasi yang dihimpun, Marullah yang lahir di Pondok Labu ini dipilih sebagai Sekda Provinsi DKI, karena meraih skor tertinggi dalam proses lelang jabatan sekda Provinsi DKI Jakarta yang dirilis pada Oktober tahun lalu.

"Misalnya di tes asesmen kompetensi, anak Betawi ini meraih skor 82,22 dengan bobot 20,56 persen. Dia juga meraih skor tertinggi 78,00 dalam tes tertulis pembuatan makalah," kata dia.

Dalam seleksi tersebut, lanjut Buchori, Marullah bersaing ketat dengan kandidat lain seperti Sri Hartati (Plt Sekda), Sigit Wijatmoko (Walikota Jakarta Utara), Yusmada Faisal (77,78), dan Andri Yansah (77,78).

"Atas dasar itu, FJB mengucapkan selamat atas terpilihnya Marullah Matali sebagai Sekda Provinsi DKI Jakarta. Semoga Marullah amanah dan diberi kelancaran dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai sekda di provinsi yang merupakan ibukota Republik Indonesia ini," tutup Buchori.

Untuk diketahui, Marullah Matali adalah anak Betawi kelahiran Pondok Labu, Jakarta Selatan. Menjabat sebagai Walikota Jakarta Selatan sejak 5 Juli 2018.

Sebelumnya ia sempat menjabat sebagai Asisten Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Pengendalian Kependudukan.

Marullah juga merupakan alumnus University Islam Madinah Arab Saudi yang juga menempuh pendidikan di Institut Agama Islam Negeri Jakarta (kini Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.