Sukses

Baru Dilantik Jadi Mensos, Risma Diminta Jokowi Cairkan Bansos Awal Januari 2021

Risma mengaku akan langsung bekerja agar tahun depan bansos sudah diterima masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini untuk merealisasikan bantuan sosial (bansos) pada awal Januari 2021. Adapun Risma baru saja dilantik menjadi Mensos.

"Yang diminta Bapak Presiden adalah yang sangat urgen, bagaimana realisasi bantuan untuk triwulan IV dan nanti awal 2021 Januari itu minggu pertama harus bisa keluar," jelas Risma usai dilantik di Istana Negara Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Menurut dia, Jokowi ingin pencairan bansos sesegera mungkin agar dapat menggerakkan perekonomian nasional di tengah pandemi Covid-19. Risma mengaku akan langsung bekerja agar tahun depan bansos sudah diterima masyarakat.

"Kami harus kerja keras sehingga minggu pertama Januari yang untuk 2021, bisa segera tersampaikan (bantuan) kepada penerima bantuan," kata dia.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gandeng Kemendagri

Di samping itu, Risma mengatakan akan bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri dalam memperbaiki data-data penerima bantuan. Dia ingin nantinya bantuan yang diterima masyarakat dalam bentuk cashless atau melalui transaksi elektronik.

"Kita lakukan dengan transparan dan tidak ada tunai, cash. Tapi akan kami gunakan semua transaksi elektronik," ujar Risma.

Setidaknya, ada enam kementerian yang dirombak oleh Jokowi. Dalam reshuffle kabinet kali ini, dia menambah lima wakil menteri di struktur kabinet Indonesia Maju.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengisi posisi Menteri Sosial menggantikan rekannya di PDIP, Juliari Batubara. Saat ini, Juliari tersandung kasus dugaan suap dana bantuan sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.