Sukses

Reshuffle Kabinet, Para Menteri Baru Jokowi Berbalut Jaket Biru

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan 6 menteri baru dalam reshuffle kabinet yang dilakukan hari ini, Selasa (22/12/2020). Namun, ada yang berbeda kali ini dari penampilan para menteri baru ini.

Terlihat meski menggunakan kemeja putih, para menteri baru ini semuanya menggunakan jaket hoodie berwarna biru. Sementara Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin hanya menggunakan kemeja putih.

Semuanya juga melengkapi diri dengan masker dan face shield sebagai bagian dari protokol kesehatan.

6 menteri baru itu di antaranya, Tri Rismaharini mengisi posisi Menteri Sosial, menggantikan Juliari Batubara yang tersandung kasus dugaan suap dana bantuan sosial.

Kedua, Jokowi memilih lawannya di Pilpres 2019, Sandiaga Uno mengisi posisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama.

Kemudian, posisi Menteri Kesehatan yang dijabat Terawan Agus Putranto kini diisi Budi Gunadi Sadikin. Sebelumnya, Budi merupakan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

 

2 dari 3 halaman

Menteri Lainnya

Keempat, Ketua PP GP Anshor Yaqut Cholil Qoumas mengisi pososi Menteri Agama yang tadinya dijabat Fachrur Razie. Kelima, Jokowi menunjuk Wahyu Sakti Trenggono menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.

Dia menggantikan Edhy Prabowo, yang kini menjadi tersangka kasus korupsi. Adapun Trenggono sebelumnya adalah Wakil Menteri Pertahanan.

Terakhir, Jokowi menunjuk M Luthfi menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto. Luthfi pernah menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: