Sukses

Istana Puji Sikap Anies dan Said Aqil Terbuka Positif Covid-19

Menurut dia, dengan adanya pengumuman tersebut, masyarakat menjadi lebih waspada. Selain itu, juga memudahkan tracing (pelacakan) kepada masyarakat yang pernah berinteraksi dengan pasien Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memuji sikap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua PBNU KH Said Aqil Siroj yang mengumumkan dirinya positif Covid-19.

Dia menilai sikap keterbukaan informasi ini merupakan bentuk pertanggungjawaban.

Adapun sejumlah tokoh yang baru-baru ini mengumumkan positif virus corona antara lain, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria, dan Ketua Umum Pengurus Besat Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj.

"Saya pikir kuncinya bila ini memiliki risiko terhadap lingkungan, maka harus disampaikan kepada publik. Saya pikir apa yang dilakukan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI dan juga Pak Aqil Siroj, sebuah responsibility yang sangat tinggi," kata Moeldoko kepada wartawan, Selasa (31/11/2020).

Menurut dia, dengan adanya pengumuman tersebut, masyarakat menjadi lebih waspada. Selain itu, juga memudahkan tracing (pelacakan) kepada masyarakat yang pernah berinteraksi dengan pasien Covid-19.

"Nanti akan kita lihat tracingnya, siapa yang pernah, jam berapa kumpul, seterusnya, nanti akan memudahkan petugas melakukan tracing. Intinya di situ," ucapnya.

"Diperlukan tanggung jawab sosial dan tanggung jawab pribadi yang tinggi di situ," sambung Moeldoko.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anies Lakukan Isolasi Mandiri

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkonfirmasi positif virus Corona atau Covid-19 berdasarkan hasil tes usap atau PCR yang dilakukan pada Senin (30/11/2020). Anies akan menjalani isolasi mandiri selama dua minggu di lokasi yang terpisah dengan keluarganya. 

"Isolasi mandiri yang akan saya lakukan di rumah dinas di mana saya akan tinggal sendiri sedangkan keluarga akan tinggal di rumah pribadi yang selama ini kita tempati," kata Anies dalam video instagram @aniesbaswedan, Selasa (1/12/2020). 

Selain itu, dia menyatakan dirinya akan tetap bekerja untuk memimpin rapat yang telah dijadwalkan. Sebab rapat dilakukan secara daring atau virtual. 

"Saya akan tetap bekerja memimpin rapat-rapat secara virtual. Sejak Maret lalu kita sudah terbiasa bekerja secara virtual, dan Insya Allah tidak akan ada proses pengambilan kebijakan yang terganggu," ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta pada Jumat (27/11/2020). Riza mengaku saat ini pihaknya tengah menjalankan isolasi mandiri. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.