Sukses

4 Fakta dari Polisi soal Kabar Rizieq Shihab Kabur dari RS Ummi

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dilaporkan kabur dari tempatnya dirawat di RS Ummi Bogor, Jawa Barat.

Kabar tersebut dibenarkan Paur Humas Polresta Bogor Kota Ipda Rachmat Gumilar. Menurut Rachmat, sampai saat ini pihaknya masih mencari keterangan dari pihak rumah sakit terkait Rizieq Shihab.

"Iya benar, kita masih menungu keterangan rumah sakit," ujar Rachmat, Minggu (29/11/2020).

Sementara itu, menurut Kapolresta Bogor Kota Kombes Hendri Fiuser, Rizieq Shihab meninggalkan rumah sakit pukul 20.50 WIB, Sabtu, 28 November 2020, melalui pintu belakang rumah sakit.

"MRS (Rizieq) telah meninggalkan RS UMMI sekitar pukul 20.50 WIB melalui pintu belakang, diduga melalui gudang obat RS Ummi," ujar Hendri, dalam keterangannya.

Berikut fakta-fakta dari polisi terkait kabar Rizieq Shihab yang disebut kabur dari perawatan RS Ummi Bogor, Jawa Barat dihimpun Liputan6.com:

 

2 dari 7 halaman

Kabur dari Lewat Pintu Belakang

Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab (HRS) dilaporkan meninggalkan RS Ummi Bogor Selatan, Kota Bogor tempat dia dirawat.

Paur Humas Polresta Bogor Kota Ipda Rachmat Gumilar membenarkan informasi itu. Namun, polisi masih mencari keterangan dari pihak rumah sakit terkait Rizieq Shihab.

"Iya benar, kita masih menungu keterangan rumah sakit," ujar Rachmat, Minggu (29/11/2020).

Dia menuturkan, sebelumnya, kepolisian telah melaksanakan pengumpulan bahan keterangan keberadaan Rizieq Shihab di RS Ummi Bogor Selatan.

Berdasarkan keterangan sekuriti RS Ummi, Rizieq Shihab meninggalkan rumah sakit tersebut sekitar pukul 20.50 WIB, Sabtu, 28 November 2020.

Pentolan FPI itu meninggalkan rumah sakit melalui pintu belakang, diduga lewat gudang obat. Namun, kepolisian tidak mengetahui kendaraan yang digunakan Rizieq Shihab saat meninggalkan rumah sakit.

"Pihak rumah sakit masih tertutup terkait keberadaan pasti Habib Rizieq," ujar Rachmat.

 

3 dari 7 halaman

Kronologi Tinggalkan RS Ummi

Pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Shihab dikabarkan kabur dari RS Ummi Bogor. Kapolresta Bogor Kota Kombes Hendri Fiuser mengatakan Rizieq Shihab meninggalkan rumah sakit pukul 20.50 WIB, Sabtu, 28 November 2020, melalui pintu belakang rumah sakit.

"MRS (Rizieq) telah meninggalkan RS UMMI sekitar pukul 20.50 WIB melalui pintu belakang, diduga melalui gudang obat RS UMMI," ujar Hendri, dalam keterangannya.

Hendri mengatakan, polisi mengetahui kaburnya Rizieq dari petugas keamanan RS Ummi. Dia mengatakan, setelah petugas RS Ummi mengecek keberadaan Rizieq di ruang perawatan, habib itu sudah tidak ada di tempat.

"Namun, petugas tidak mengetahui menggunakan kendaraan yang digunakan, setelah dicek oleh sekuriti pada pukul 21.45 WIB bahwa keduanya telah meninggalkan kamar rumah sakit," kata Hendri.

Kepolisian pun langsung mengumpulkan barang bukti dan keterangan kaburnya Rizieq Shihab dari RS Ummi.

"Sekira pukul 21.50 WIB, telah dilaksanakan Pulbaket keberadaan MRS di RS UMMI Bogor Selatan," kata dia.

 

4 dari 7 halaman

Didalami Polisi

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Polisi Erdi A Chaniago, menyebut penyidik dari Polresta Bogor tengah mendalami kabar Rizieq Shihab yang disebut kabur dari RS Ummi Bogor, Jawa Barat, saat dirawat.

"Ini sedang didalami oleh Polresta Bogor, memang infonya seperti itu, bahwa pasien di RS Ummi itu (Rizieq Shihab) jam 21.00 WIB, Sabtu malam, keluar," kata Erdi.

Menurut dia, berdasarkan informasi yang diterima, Rizieq Shihab diduga keluar melalui pintu belakang rumah sakit itu. Keluarnya Rizieq Shihab dari RS, kata Chaniago, tidak diketahui Satgas Penanganan Covid-19 Bogor.

"Dari Polresta Bogor sekarang sudah datang, melakukan penyelidikan," ucap Erdi soal kabar tentang Rizieq Shihab itu.

 

5 dari 7 halaman

Akan Panggil RS Ummi

Erdi mengatakan, kepolisian bakal memanggil pihak RS Ummi Bogor, tempat Pimpinan FPI Rizieq Shihab dirawat.

Pemanggilan itu menyusul adanya laporan dari Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung yang diduga dihalang-halangi oleh pihak RS Ummi saat akan memeriksa Covid-19 kepada Rizieq Shihab.

"Kemungkinan pekan depan, karena baru kemarin lapornya. Sementara penyidik dari Polresta Bogor itu akan memanggil untuk klarifikasi dulu," kata Erdi di Bandung, Jawa Barat.

Menurut dia, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung tengah melaksanakan fungsi mendeteksi pasien yang diduga kontak erat dengan orang yang terinfeksi virus Corona.

Selain itu, lanjut dia, Satgas berupaya untuk mengecek keabsahan hasil swab yang dilakukan kepada Rizieq Shihab.

"Dia (Satgas) akan membuktikan, siapa dokter yang merawatnya, apakah dia tersertifikasi, lalu hasil uji labnya itu dikirimkan ke lab mana, nah ini yang dikaji sama Dinkes Bogor," jelas Erdi.

6 dari 7 halaman

Kerumunan Acara Rizieq Shihab dan Denda Rp 50 Juta

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: