Sukses

Belasan Kapolda Baru Resmi Dilantik

Liputan6.com, Jakarta: Kepala Polri Jenderal Polisi Da`i Bachtiar secara resmi melantik 17 perwira tinggi (pati) sebagai Kepala Kepolisian Daerah baru. Selain itu, Kapolri juga melantik 10 pati sebagai Wakil Kapolda. Pelantikan berlangsung di Markas Besar Polri Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (29/10) siang. Pengangkatan ini dilakukan seusai Surat Keputusan Kapolri Nomor 846/X/2002 Tanggal 24 Oktober 2002 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri.

Dari ke-17 Kapolda yang baru dilantik itu di antaranya adalah Brigadir Jenderal Pol. Bambang Sutrisno menjadi Kapolda Maluku menggantikan Brigjen Pol. Soenarko D.A. Sedangkan Inspektur Jenderal Pol. I Dewa Ketut Gde Astika menggeser Irjen Pol. Ansyaad Mbai untuk menjabat Kapolda Sumatra Utara. Sedangkan posisi Kapolda Papua kini dijabat Irjen Pol. Budi Utomo menggantikan Irjen Pol. I Made Mangku Pastika. Brigjen Pol. Dadang Garnida yang semula menjabat Kepala Sekretariat Interpol Jawa Barat menjadi Kepala Polda Jabar [baca: Kapolri Mengangkat 17 Kapolda Baru].

Polda yang tak mengalami pergantian pucuk pimpinan antara lain Polda Metro Jaya, Sumatra Barat, Jambi, Lampung, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Nusatenggara Timur, dan Polda Bali. Jabatan Kapolda Metro Jaya tetap dipegang Irjen Pol. Makbul Padmanegara. Alasannya, jabatan itu belum genap setahun diduduki. Begitu pula dengan posisi Kapolda Bali masih dijabat Irjen Pol. Budi Setiawan. Sebelumnya, sempat tersiar kabar Budi akan dicopot menyusul Tragedi Bali, 12 Oktober silam [baca: Kapolda Papua Ditunjuk Sebagai Ketua Tim Investigasi].

Penggantian posisi juga terjadi di lingkungan Mabes Polri. Komisaris Besar Pol. Dudon Satiaputra menjadi Kepala Pusat Laboratorium Forensik Mabes Polri yang sempat kosong setelah Brigjen Pol. Hamim Soeriamidjaja meninggal dunia. Sebelumnya, Dudon adalah wakil Hamim. Lembaga ini juga akan berganti nama menjadi Puslabfor Badan Reserse dan Kriminal Polri.(DEN/Rieke Amru dan Muhammad Guntur)