Sukses

Sandiaga Beber Tips Bisnis Online IKM di Masa Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Politikus Gerindra yang juga pengusaha nasional Sandiaga Uno berbagi tips agar bisnis online industri kecil menengah (IKM) di masa pandemi Covid-19 bisa terus berjalan dan berkembang.

Menurut Sandiaga, langkah yang harus diambil para pelaku IKM online adalah dengan identifikasi dan diferensiasi produk agar disukai masyarakat.

"Membuat cerita tentang pengalaman customer menjadi kekuatan di media social, Itulah yang dimaksud marketing buah bibir," ujarnya dalam webinar "Cari Seller Digital Terbaik", Jumat (13/11/2020).

Sandiaga meminta pelaku IKM optimistis bahwa badai pasti berlalu dengan terus membangun jejaring networking berbasis silaturahim.

"Itu bisa kita sebut masa survive true ecosystem," ujarnya.

Sandiaga menambahkan, mengikuti webinar juga penting untuk memberikan edukasi dan motivasi kepada para pelaku UMKM, mahasiswa serta masyarakat umum untuk dapat melakukan adaptasi, inovasi dan kolaborasi demi dapat bangkit dari masa krisis.

2 dari 3 halaman

Terus Inovasi

CEO Maka Group & Founder Kopi Tuku Andanu Prasetyo menyatakan, pihaknya  melakukan strategi online di social media dan juga e commerce dengan perencanaan yang natural.

"Narasi deskriptif kita jadikan kekuatan dalam hal ini," ujarnya.

Tidak hanya itu, interaksi dengan pelanggan juga kita bikin secara alami, pihaknya percaya pelanggan adalah orang yang paling bisa membantu kita dalam menyebarkan hal baik seputar Kopi Tuku.

"Tidak ekslusif dan terus melakukan inovasi adalah kunci di masa pandemi," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: