Sukses

Partai Masyumi Resmi Dideklarasikan, Ini Komentar PDIP dan PPP

Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah, mengatakan, pihaknya menyambut baik kehadiran Partai Masyumi di kancah perpolitikan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah, mengatakan, pihaknya menyambut baik kehadiran Partai Masyumi di kancah perpolitikan Indonesia.

"Selamat datang Partai Masyumi baru semoga semakin memperkukuh semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia demi kejayaan bangsa dan negara Indonesia di masa yang akan datang," kata Basarah, dalam keterangannya, Senin (9/11/2020).

Menurut dia, PDI Perjuangan selalu mengedapankan prinsip demokrasi dan hukum dalam satu tarikan nafas perjuangannya. Berdemokrasi dan berhukum adalah ajaran konstitusionalisme bangsa Indonesia sesuai amanah dan ketentuan UUD NRI 1945 yang juga dianut oleh partainya.

"Atas dasar itu, kami akan selalu menyambut baik kehadiran setiap kekuatan sosial politik baru, baik ormas maupun partai politik sepanjang proses didirikannya dan tujuan perjuangan politiknya sesuai dengan prinsip-prinsip bernegara yang sudah menjadi konsensus nasional bangsa Indonesia, yakni menerima Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara," kata Wakil Ketua MPR RI ini.

"UUD NRI 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara yang final dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan dan sistem sosial bangsa Indonesia beserta berbagai regulasi lain yang mengatur kehidupan Ormas dan Partai Politik di Indonesia," lanjut dia.

Partainya memandang, kehadiran Partai Masyumi, sebagai bagian dari kreatifitas elemen bangsa Indonesia, yang akan menjadi mitra berdemokrasi yang sehat dan partner dalam pembangunan bangsa yang saling melengkapi, agar demokrasi Indonesia semakin berkualitas.

"Dengan memegang teguh prinsip demokrasi dan nomokrasi secara bersamaan, kami berkeyakinan bahwa jalan demokrasi yang telah dipilih dan ditempuh bangsa Indonesia selama ini akan dapat mengantarkan bangsa dan negara Indonesia sampai kepada tujuannya, yakni membangun kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," tutur Basarah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PPP Tak Masalah

Sementara itu, di kesempatan berbeda, Wakil Sekretaris Jenderal PPP Achmad Baidowi menghormati kembalinya Partai Masyumi.

"Ya kita hormati kita hargai itu hak politik hak masing-masing tapi terkait dengan eksistensi partai kan perlu diuji dalam pemilu," ungkap Baidowi.

Diketahui, Partai Masyumi kini banyak diisi anggota Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI). Meski demikian, dalam pandangannya, belum tentu tokoh KAMI bakal banyak berpengaruh kepada kekuatan politik partai. Karena itu kekuatan Partai Masyumi akan teruji dalam Pemilu.

"Bisa jadi orang itu hebat dalam satu bidang belum tentu dia hebat di politik kan banyak itu contohnya. Kami sih tidak terlalu ini, mereka punya hak tapi nanti batu ujinya di pemilu apakah partai laku atau tidak," kata Baidowi.

Menurut dia, Masyumi juga harus melewati ujian untuk lolos persyaratan pemilu. Di mana, sebelum itu juga harus diuji apakah partai itu lolos persyaratan atau tidak, ketika pemilu laku atau tidak dan apakah bisa lolos parliamentary threshold atau tidak.

Dia mengatakan, PPP tidak khawatir dengan keberadaan Masyumi. Sebab segmentasi suara yang berbeda.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.