Sukses

7 Hal Terkait Rencana Kepulangan Rizieq Shihab ke Tanah Air

Rizieq Shihab mengumumkan jadwal kepulangannya ke Indonesia. Pimpinan FPI ini akan tiba di Jakarta pada 10 November 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab dikabarkan akan kembali pulang ke Tanah Air.

Melalui tayangan video di akun YouTube Front TV, Rizieq telah mengumumkan rencana kepulangannya dari Arab Saudi ke Indonesia. Dia dijadwalan tiba di Bandara Soekarno Hatta, Selasa, 10 November 2020.

Rizieq Shihab menyebut alasan kepulangannya ke Tanah Air untuk menikahkan putri keempatnya, Syarifa Najwa Shihab. Ketua FPI ini juga dijadwalkan menghadiri sejumlah kegiatan di beberapa kota bersama anggotanya. 

"Saya akan sekaligus menikahkan putri saya yang keempat, Syarifa Najwa Shihab dengan tunangannya Insyaallah, Sayid Irfan Alaidrus," ungkap Rizieq.

Terkait kabar yang menyatakan kepulangannya ke Indonesia karena overstay, dia membantahnya.

"Siapapun yang sebut saya overstay, saya akan tuntut secara hukum karena menuduh, tak ada overstay," ucap Rizieq Shihab.

Berikut sederet kabar kepulangan Rizieq Shihab yang akan tiba di Tanah Air, Selasa, 10 November nanti:  

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Tiba di Indonesia 10 November

Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab mengumumkan jadwal resmi kepulangannya ke Indonesia. Sesuai jadwal, pesawat yang membawanya dari Arab Saudi akan tiba di Jakarta pada 10 November 2020.

"Dari perjalanan kita, pembelian tiket, dan Alhamdulilah tiket sudah terbeli dan lunas, dijadwalkan tiba 10 November 2020, berangkat dari Saudi 9 November 2020," kata Rizieq seperti dikutip dari Front TV, Rabu (4/11/2020).

Rizieq Shihab menjelaskan, kepulangannya ke Tanah Air ini diurus setelah dia dan keluarga mendapat perpanjangan visa.

Karenanya, Rizieq menegaskan, rencana kepulangannya kali ini bukan dikarenakan alasan pelanggaran hukum seperti denda atau overstay.

"Saya bukan over stayer," tegas Rizieq Shihab.

3 dari 8 halaman

Mohon Doa Agar Dilancarkan

Dia pun memohon doa kepada masyarakat agar rencana kepulangannya kali ini dilancarkan.

"Kami mohon doa agar kita didoakan agar bisa terlaksana baik diridhoi Allah," harap Rizieq Shihab menagaskan jika kepulangannya adalah proses yang tak melanggar hukum, seperti dikutip dari Youtube Front TV, Rabu (4/11/2020).

Rizieq juga berharap, agar rencana ini tidak dijegal pihak yang ingin menjegalnya dan hoaks.

"Tak adalagi upaya jahat, insyaallah ini terlaksana baik," tegasnya. 

4 dari 8 halaman

Hadiri Acara Maulid Nabi dan Sejumlah Agenda

Rizieq mengutarakan, pesawatnya akan mendarat pukul 09.00 WIB di Bandara Soekarno-Hatta. Sesampainya di Tanah Air akan beristirahat terlebih dahulu di Petamburan, Jakarta.

"Setelah kami mendarat dari bandara langsung ke rumah Petamburan, kami akan beristirahat pada Rabu, dan Kamis. Jadi tentu para kerabat habaib mengetahui hari itu saya dan keluarga ada di mana," kata Rizieq Shihab seperti dikutip dari Youtube Front TV, Rabu (4/11/2020).

Barulah setelah istirahat, dia akan memulai kegiatannya. Dari melaksanakan salat subuh berjamaah hingga hadiri acara Maulid Nabi.

"Jumat Subuh 13 November 2020, saya dan kawan-kawan akan salat subuh dan menghadiri Maulid Nabi di tempat kediaman guru kami Al Habib Assegaf di Tebet Jakarta Selatan. Insya Allah saya akan datang, beliau guru saya tercinta," ungkap Rizieq Shihab.

Usai giat tersebut, dia langsung bertolak ke Bogor pukul 08.00 WIB. Agenda yang bakal dilakoninya adalah peletakan batu pertama di Markas Sareat Pesantren Megamendung.

"Kami akan salat Jumat di sana, setelah salat Jumat kami akan meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Raya Markas Sareat," beber dia.

5 dari 8 halaman

Menikahkan Putri Keempatnya

Rizieq Shibab pun menuturkan, kegaitannya akan dilanjutkan Sabtu 14 November 2020 sekitar pukul 19.00 WIB, bersama DPP FPI akan menggelar Maulid Nabi di markasnya, Petamburan Jakarta Pusat.

"Saya akan sekaligus menikahkan putri saya yang keempat, Syarifa Najwa Shihab dengan tunangannya Insyaallah, Sayid Irfan Alaidrus," dia menandasi.

6 dari 8 halaman

Bantah soal Overstayer

Dia juga menegaskan bahwa proses kepulangannya dari Arab Saudi adalah legal dan bukan deportasi karena overstay.

"Saya bukan overstayer," kata Rizieq seperti dikutip dari Front TV, Rabu (4/11/2020).

Rizieq Shihab menegaskan, akan menuntut ke jalur hukum bagi pihak-pihak yang mengklaim kepulangannya karena melanggar aturan tinggal di Arab Saudi. Termasuk soal isu denda izin tinggal yang sempat berembus kepadanya.

"Siapapun yang sebut saya overstay, saya akan tuntut secara hukum karena menuduh, tak ada overstay," ucap Rizieq Shihab.

Rizieq mengingatkan kepada para pejabat diplomatik bahwa dia bukanlah overstay. Sebaliknya, dia berterimakasih kepada Pemerintah Arab Saudi yang terus membantunya selama tinggal di Arab Saudi.

"Jadi kita ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Saudi, dan buang ke tong sampah yang nuduh saya overstay," tandas Rizieq Shihab.

7 dari 8 halaman

Tidak Ada Pengamanan Khusus dari Polisi

Berita kepulangan Rizieq Shihab telah sampai ke pihak Polda Metro Jaya. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, kepolisian tidak memberikan pengamanan khusus atas kepulangan Rizieq Shihab ke tanah air pada 10 November mendatang.

"Kalau dia pulang ya silakan saja. Pengamanan khusus tidak ada, sama saja seperti biasa," kata dia saat dihubungi awak media, Rabu (4/11/2020).

Dalam hal ini, kepolisian lalu lintas siap kerahkan untuk membantu mengurai arus lalu lintas bila kehadiran Rizieq Shihab disambut oleh simpatisannya.

"Kalau memang nanti ramai ya kita akan turun bantu pengamanan lalu lintasnya kalau massanya ramai. kan situasional nanti. yang penting mereka bisa tahu aturan," ujar dia.

Yusri mengatakan, pihaknya mengimbau massa yang ingin menyambut kepulangan Rizieq Shihab mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

8 dari 8 halaman

Penjemput Diimbau Tertib Saat di Bandara

Sementara itu, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono mengimbau agar para pengikut Rizieq Shihab dapat memelihara keamanan dan ketertiban saat di bandara.

"Kami mengimbau kepada para pengikutnya untuk melaksanakan penjemputan dengan tertib," tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (4/11/2020).

Awi menyebut, Bandara Soetta merupakan bandara Internasional dan merupakan tempat pelayanan fasilitas publik. Untuk itu, perlu kerja sama semua pihak agar dapat memelihara keamanan dan ketertiban lokasi pelayanan masyarakat.

"Kalau situasinya memang tidak memungkinkan, maka Polri akan turun tangan melakukan pengamanan-pengamanan secukupnya," jelas Awi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.