Sukses

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Mamuju Tengah Rusak Sejumlah Rumah Warga

Pusat gempa berada di darat, tepatnya di 24 kilometer arah barat daya Kabupaten Mamuju Tengah dengan kedalaman 10 kilometer.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,3 mengguncang Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, Rabu (28/10/2020), pukul 02.43.53 WIB. 

Pusat gempa berada di darat, tepatnya di 24 kilometer arah barat daya Kabupaten Mamuju Tengah dengan kedalaman 10 kilometer. 

Menurut laporan yang diterima Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut menyebabkan sejumlah warga di Desa Kampung Baru, Los Pasar, Mamuju Tengah mengalami kerusakan. 

"Gempa tersebut merupakan gempa dangkal yang terjadi akibat aktivitas Sesar Naik Mamuju (Mamuju Thrust)," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dilansir Antara

Dia pun menyebut, sesar Naik Mamuju merupakan sumber gempa potensial yang patut diwaspadai di karena memiliki magnitudo tertarget 7,0 dengan laju geser 0,2 mm per tahun.

"Menurut hasil analisis mekanisme sumber, gempa yang terjadi di Mamuju Tengah pada Rabu dini hari tadi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik," jelas Daryono. 

Saat gempa terjadi, guncangannya dirasakan di sejumlah wilayah. Yaitu di Mamuju Tengah dalam skala IV-V MMI, Mamuju III-IV MMI, serta II-III MMI di Mamasa dan Majene.  

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gempa Menyebabkan Keruskan

Pada skala II Modified Mercalli Intensity (MMI) getaran gempa dirasakan oleh beberapa orang dan menyebabkan benda ringan yang digantung bergoyang.

"Sedangkan pada skala III MMI getaran gempa dirasakan nyata di dalam rumah seakan ada truk berlalu," tutur Daryono. 

Sementara, pada saat gempa dirasakan dalam skala IV MMI di dalam dan di luar rumah, menyebabkan gerabah pecah serta pintu dan jendela berderik.

Lalu pada skala V MMI getaran gempa dirasakan oleh hampir semua penduduk serta menyebabkan gerabah pecah, barang-barang terpelanting, dan tiang-tiang dan barang besar bergoyang.

Pada peta guncangan BMKG, dalam waktu 15 menit setelah gempa di Mamuju Tengah pusat gempa menunjukkan warna kuning, yang menggambarkan guncangan mencapai VI MMI dan berpotensi menyebabkan kerusakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Gempa Mamuju

  • Gempa Mamuju Tengah