Sukses

180 Desa Terpapar Covid-19, Satgas Datangi Hajatan di Wonosobo

Guna memutus mata rantai penyebaran virus, Satgas Penanganan Covid-19 desa di 15 kecamatan mendatangi hajatan yang berpotensi mengundang keramaian.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 180 desa dari 265 desa di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah terkonfirmasi Covid-19. Guna memutus mata rantai penyebaran virus, Satuan tugas (Satgas) pencegahan Covid-19 desa di 15 kecamatan mendatangi hajatan yang berpotensi mengundang keramaian. 

"Peran satgas desa dalam upaya memutus mata rantai penularan di antaranya adalah memastikan bahwa di titik-titik yang berpotensi menjadi media penularan, seperti keramaian hajatan pernikahan, pihak pemilik rumah telah menyediakan fasilitas seperti tempat cuci tangan bagi tamu, serta penataan tempat yang memungkinkan para tamu menjaga jarak interaksi mereka," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Wonosobo One Andang Wardoyo di Wonosobo, Selasa, 12 Oktober 2020. 

Menurut Andang, hal itu sangat penting mengingat sebagian masyarakat kini mulai melupakan pandemi Covid-19 yang sebenarnya masih berlangsung.

"Mereka harus paham untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Di antaranya wajib memakai masker dengan benar, menjaga jarak minimal 1,5 meter dari lainnya, dan sering mencuci tangan dengan sabun (3M)," jelasnya dilansir Antara

Dia pun menyebutkan, bahwa saat ini di Wonosobo hanya tinggal 85 desa yang terbebas dari paparan virus Corona. Sehingga peran satuan tugas (satgas) pencegahan Covid-19 desa mutlak diperlukan demi menekan laju penyebaran agar tidak semakin banyak desa terpapar. 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus Positif Covid-19 Total 893 Orang

Sementara itu, jumlah akumulasi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Wonosobo sudah mencapai 893 orang.

Dengan rincian 436 orang dalam perawatan, 419 orang dinyatakan sembuh, dan 38 orang meninggal dunia.

"Tugas para pengawas di tingkat desa diharapkan dapat berjalan efektif dan efisien dalam meningkatkan kesadaran warga terhadap pentingnya protokol kesehatan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.