Sukses

Wagub DKI Jakarta: Turap Perumahan Rubuh Penyebab Banjir dan Longsor Ciganjur

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria alias Ariza meninjau lokasi longsor di Ciganjur, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria alias Ariza meninjau lokasi longsor di Ciganjur, Jakarta Selatan. Ariza menyebut penyebab longsor adalah rubuhnya turap perumahan sehingga menutupi aliran sungai.

"Ada pagar, turap, tanggul di satu perumahan di wilayah Jagakarsa yang rubuh sehingga menutupi sungai kecil yang ada di Jagakarsa. Akibatnya sungai tertutup, aliran air mengalir ke wilayah perumahan dan menggenangi kurang lebih 300-an rumah," kata Ariza, Jakarta, Minggu (11/10/2020).

Akibatnya, terdapat ratusan rumah di Ciganjur tergenang dan tanah longgor menimpa empat rumah dan menewaskan satu korban jiwa.

"Ada 4 rumah yang tertimpa pagar sehingga menyebabkan satu orang wanita umur 42 meninggal seketika tadi malam. Kami sudah mendatangi, memberi bantuan," ujar Ariza.

Selain itu, dia mengklaim jumlah pengungsi telah menurun drastis. Begitu juga dengan tinggi genangan di Ciganjur.

"Tadi malam pengungsian ada 400 tadi tersisa 271. Genangan air yang tadinya mencapai 1,5 meter sekarang kurang lebih tinggal 30 cm. Ada beberapa rumah yang masih tergenang, jadi alhamdulilah sudah kita kendalikan dari kemarin malam," ucap Ariza.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan

Pemprov DKI, lanjut Ariza, memastikan telah memberikan bantuan logistik dan juga kesehatan.

“Bantuan kita berikan, makanan, minuman, obat kemudian masker. Semua kita minta tetap melaksanakan protokol covid agar tidak terjadi klaster baru di wilayah pengungsian,” tandas Ariza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.