Sukses

Hadapi Fenomena La Nina, BNPB Imbau Warga Siapkan Tempat Evakuasi

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat di setiap daerah agar mempersiapkan segala sesuatunya dalam menghadapi fenomena La Nina.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat di setiap daerah agar mempersiapkan segala sesuatunya dalam menghadapi fenomena La Nina.

"Fenomena La Nina yang dihadapi Indonesia saat ini dapat berdampak pada potensi bahaya hidrometeorologi yang lebih buruk," ujar Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan, Minggu (11/10/2020).

Dia mengatakan, kesiapsiagaan harus dilakukan di setiap tingkatan di seluruh daerah. Dia meminta camat, lurah, kepala desa hingga RT untuk menyiapkan lokasi aman bagi warganya jika terjadi fenomena La Nina.

"Pastikan tempat evakuasi sementara dapat digunakan, setiap daerah rawan bencana harus miliki tempat evakuasi sementara," kata dia.

Dia juga meminta agar setiap pejabat di daerah untuk memastikan lokasi evakuasi sementara tersebut aman digunakan. Namun dia juga menegaskan untuk tetap menjalani protokol kesehatan di tempat-tempat evakuasi.

"Identifikasi rumah aman yang dapat digunakan sebagai tempat evakuasi sementara. Jangan sampai tempat evakuasi menjadi kluster baru Covid-19," kata Lilik.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Panik

Lilik meminta agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyampaikan informasi akan terjadinya fenomena La Nina kepada kepala daerah dan seluruh masyarakat secara hati-hati agar tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat.

"Sosialisasikan informasi kepada masyarakat dengan bijak, jangan menakuti-nakuti," kata Lilik. Lilik mengatakan, gunakan bahasa yang mudah dipahami untuk menerjemahkan informasi cuaca sehingga pesan sampai pemangku kepentingan di tingkat kecamatan maupun masyarakat. Lilik juga mengimbau setiap keluarga untuk mengidentifikasi risiko bencana yang ada di sekitar.

"Kesiapsiagaan sejak dini dibutuhkan untuk memastikan tidak adanya korban jiwa apabila terjadi peristiwa ekstrem. Diskusikan dengan anggota keluarga maupun komunitas di masyarakat terkait dengan potensi ancaman bahaya yang ada di sekitar sehingga risiko bencana dapat dihindari," kata Lilik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.