Sukses

BMKG: Wilayah Ini Berpotensi Hujan Lebat Selama 3 Hari ke Depan

Hujan diperkirakan turun dengan intensitas ringan hingga lebat dengan disertai petir dan angin kencang.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi hujan selama tiga hari ke depan, yakni mulai 27 hingga 29 September 2020 di sejumlah wilayah Indonesia. 

"BMKG memprediksikan dalam periode tiga hari ke depan, hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang," kata Deputi Bidang Meteorologi Guswanto dalam keterangannya, Minggu (27/9/2020).

Adapun prakiraan cuaca ini akan terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia, di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Lalu Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

BMKG menegaskan, bahwa kondisi cuaca ini disebabkan karena adanya aktivitas gelombang atmosfer yakni, Rossby Ekuatorial atau fenomena pergerakan sistem konvektifitas udara di atmosfer yang berpropagasi ke arah barat dan melewati wilayah Indonesia, dan Madden Jullian Oscillation atau fenomena pergerakan sistem konvektifitas udara di atmosfer yang berpropagasi ke arah timur dan melewati wilayah Indonesia.

"Hal ini memberikan kontribusi pada peningkatan massa udara basah yang mendukung terbentuknya awan-awan hujan dalam beberapa hari ke depan," kata Guswanto.

"Kondisi tersebut diperkuat dengan anomali hangat suhu muka laut di perairan Indonesia, terbentuknya daerah perlambatan dan pertemuan angin (konvergensi) yang memanjang di Pesisir Barat Sumatera, Selat Karimata, sebagian Pulau Jawa, Selat Makassar dan Laut Banda, dan didukung dengan kondisi atmosfer yang hangat dan lembab di sebagian besar wilayah Indonesia," lanjut dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wilayah Jabodetabek

Guswanto menjelaskan, khusus untuk wilayah Jabodetabek konsentrasi hujan intensitas sedang-lebat masih cukup potensial di wilayah Bogor terutama pada siang/sore hari.

Sedangkan untuk wilayah DKI Jakarta kondisi cuaca signifikan, yakni terjadi hari ini, Minggu 27 September pada siang atau sore hari dengan kondisi relatif menurun untuk 2 hari ke depan, yakni 28-29 September 2020.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dan lainnya) dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," ungkap dia.

Menurut dia, kondisi tersebut di atas bersifat dinamis dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai  perkembangan dinamika atmosfer di Indonesia. "BMKG tetap terus memonitor dan melakukan update perkembangannya," tutup Guswanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.