Sukses

Kemenkes Jadikan RSUI Rujukan Covid-19

Widyawati mengatakan, Kemenkes akan berupaya untuk membantu Kota Depok untuk menangani Covid-19. Hal ini dikarenakan Kota Depok merupakan daerah penyangga Ibu Kota.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memutuskan menjadikan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) sebagai RS rujukan Covid-19. Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, Widyawati mengatakan, Tim Task Force Kemenkes kembali mengecek kesiapan RSUI menjadi RS rujukan Covid-19 pada Jumat 25 September lalu.

"Kunjungan bertujuan memastikan kesiapan Rumah Sakit rujukan Covid-19 di Kota Depok telah berjalan dengan baik serta mengetahui kendala apa yang terjadi dalam penanganan Covid-19," ujar Widyawati dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/9/2020).

Widyawati mengatakan, Kemenkes akan berupaya untuk membantu Kota Depok untuk menangani Covid-19. Hal ini dikarenakan Kota Depok merupakan daerah penyangga Ibu Kota.

"Kota Depok diharapkan dapat menjadi pengurai kasus Covid-19 serta memiliki fasilitas pelayanan kesehatan khusus untuk menangani kasus Covid-19," ujarnya

"Sebenarnya Kota Depok memiliki 21 RS, nah masih ada 3 RS yang akan disiapkan jadi RS Rujukan Covid-19, salah satunya RSUI," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sarana Memadai

Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Peningkatan Pelayanan Jajang Edi Priyatno mengatakan, Kemenkes optimistis jika RSUI bisa membantu Kota Depok dalam menangani masalah ketersediaan tempat tidur. Menurutnya, RS UI bisa memuat hingga 450 tempat tidur.

"Depok sebenarnya sudah memiliki RS yang memiliki fasilitas memadai untuk Penanganan Covid-19 yaitu RSUI. RSUI diharapkan bisa mengurangi penumpukan pasien di RS lainnya terkait ketersediaan tempat tidur” ujar Jajang dikutip dari website resmi Kemenkes, Sabtu (26/9/2020).

Jajang menambahkan, Kemenkes akan membantu RSUI untuk pemenuhan kebutuhan terkait Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang kesehatan serta kebutuhan alat kesehatan seperti ventilator.

Oleh karena itu, Kemenkes juga memberikan bantuan berupa ventilator saat kunjungan kemarin sebagai simbolis untuk membantu penanganan Covid-19 dan Bahan Pangan Tambahan (BPT) kepada pemerintah Kota Depok.

Sebelumnya RS UI telah menyiapkan 13 TT Intensif COVID dengan 5 Ventilator, 2 IGD Isolasi serta 42 TT untuk isolasi, yang berada di dua lantai yaitu lantai 13 dan 14 yang dikhususkan untuk melayani Covid-19.

Reporter: Rifa Yusya Adilah

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • RSUI