Sukses

Firli Bahuri Lantik Brigjen Pol Setyo Budianto Jadi Direktur Penyidikan KPK

Ketua KPK Firli Bahuri resmi melantik Brigjen Pol Setyo Budianto sebagai Direktur Penyidikan KPK.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri resmi melantik Brigjen Pol Setyo Budianto sebagai Direktur Penyidikan KPK. Setyo terpilih menjadi Direktur Penyidikan KPK usai bersaing ketat dengan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Selatan, Kombes Didik Agung Widjanarko, dan Widyaiswara Muda Sespimti Polri, Kombes Nazirwan Adji Wibowo.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia dan taat kepada Undang-undang Dasar Tahun 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Firli yang kemudian diikuti Setyo di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Pada sumpah tersebut ditegaskan pejabat KPK dilarang menerima pemberian sesuatu apapun dari pihak yang diduga kuat terkait dengan perkara yang sedang ditangani KPK.

"Bahwa saya tidak akan menerima hadiah atau sesuatu pemberian berupa apa saja, dari siapa pun juga yang saya tahu atau patut dapat mengira bahwa ia mempunyai hal yang bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya," sumpah Setyo.

Selain itu, Setyo disumpah untuk lebih mementingkan kepentingan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, atau golongan.

"Bahwa saya senantiasa akan menjunjung tinggi kehormatan negara. Bahwa saya akan bekerja dengan jujur, tertib, cermat, dan semangat untuk kepentingan negara," kata Setyo di KPK.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lantik Pejabat Lain

Selain Setyo, Firli Bahuri melantik sejumlah pejabat lain di KPK. Berikut daftarnya:

Direktur Pengaduan Masyarakat, Tomi Murtomo dari internal KPK; Direktur Pengolahan Informasi dan Data yang diisi oleh Riki Arif Gunawan dari Kemenkominfo; serta Koordinator Wilayah KPK dari internal KPK, Asep Rahmat Suwanda, Aminudin; Budi Waluya; dan Aida Ratna Zulaiha.

Sedangkan dari unsur Polri, Didik Agung Widjanarko; Agung Yudha Wibowo; Bahtiar Ujang Purnama; Kumbul Kuswijanto Sudjadi; dan Yudhiawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.