Sukses

Total Kasus Positif Covid-19 di Lingkungan KPK Capai 115 Orang

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar tes swab PCR terhadap 1.931 orang di lingkungan lembaga antirasuah.

Jumlah tersebut terdiri dari pegawai KPK dan pihak-pihak terkait seperti tenaga outsourcing, BKO Polri, TNI Pomdamjaya, dan tahanan.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, mereka semua menjalani tes swab PCR terhitung sejak 7 hingga 14 September 2020. Dari 1.931 orang yang menjalani tes swab, telah diperoleh hasil tes sebanyak 1.898 orang.

"Dengan demikian rekap hasil tes swab sementara di lingkungan KPK hingga 18 September 2020, total konfirmasi positif 115 orang terdiri dari pegawai KPK dan pihak-pihak terkait di lingkungan KPK," ujar Ali dalam keterangannya, Jumat (18/9/2020).

Dari 115 orang yang terkonfirmasi positif, 33 orang sudah dinyatakan sembuh, 81 orang masih menjalani isolasi mandiri terdiri dari 54 pegawai KPK dan 27 orang dari pihak-pihak terkait.

Sementara meninggal dunia 1 orang dengan diagnosa akhir non-Covid-19, yakni penyidik KPK Pandu Hendra Sasmita.

 

2 dari 3 halaman

Upaya Mitigasi Covid-19

Ali mengatakan, pelaksanaan tes swab bagian dari mitigasi penyebaran Covid-19 di lingkungan KPK, sehingga upaya penanganan cepat dapat dilakukan dengan isolasi mandiri terhadap pegawai dan pihak-pihak lain yang berada di lingkungan KPK yang positif terpapar virus Covid-19.

"Upaya lain adalah melakukan penyesuaian sistem dan jam kerja pegawai KPK dan juga penyemprotan disinfektan secara berkala di area dalam maupun luar gedung KPK dan juga termasuk seluruh rutan cabang KPK," kata Ali.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: