Sukses

MUI Ajak Umat Muslim Panjatkan Doa saat Malam Tahun Baru Islam

Materi doa menyambut Tahun Baru Islam yang paling utama adalah memanjatkan syukur ke hadirat Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun Baru Islam 1442 Hijriah segera datang. Tepatnya pada Kamis, 20 Agustus 2020.

Anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MU) KH Hamdan Rasyid mengajak umat Islam berdoa pada malam Tahun Baru Islam 1442 Hijriah.

"Pada sore hari menjelang waktu Maghrib hari Rabu, 19 Agustus 2020 atau 30 Dzulhijjah 1441 Hijriah, umat Islam disunahkan membaca doa akhir tahun penutup tahun Hijriah," ujar Hamdan, seperti dilansir Antara, Selasa (18/8/2020).

Ia mengatakan, materi doa menyambut Tahun Baru Islam yang paling utama adalah memanjatkan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan anugerah, nikmat, dan karunia-Nya kepada umat manusia.

"Doa tersebut juga agar memohon kepada Allah SWT agar seluruh amal ibadah serta taubat diterima dan seluruh dosa-dosa khususnya selama satu tahun terakhir untuk diampuni," papar Hamdan.

Dia menjelaskan, pada malam hari sesudah masuk waktu Maghrib tanggal 1 Muharram 1411 Hijriah, umat Islam disunahkan membaca doa awal tahun memulai Tahun Baru Islam.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa yang Dibaca

Hamdan memaparkan, materi doa paling utama adalah memohon kepada Allah SWT agar selama satu tahun mendatang dilindungi dari godaan setan.

Kemudian agar dilindungi dari godaan hawa nafsu berbuat jahat, serta memohon pertolongan kepada Allah SWT agar diberi anugerah iman yang kuat, kesehatan yang prima serta rezeki yang halal, banyak, dan berkah.

"Rezeki tersebut sebagai bekal untuk melaksanakan amal yang baik dan menjauhi perbuatan yang jahat sehingga kita dapat mendekati Dzat-Nya Yang Maha Agung lagi Maha Mulia," tutup Hamdan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.