Sukses

Satgas Covid-19: 7 Kandidat Vaksin Corona di Dunia Masuki Uji Klinis Tahap III

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan negara-negara di dunia tengah berlomba menciptakan vaksin Covid-19. Dia menuturkan vaksin adalah salah satu cara untuk melindungi masyarakat dari terpaparnya virus Corona.

"Vaksin di dunia ini semua negara berlomba mengembangkan vaksin karena vaksin adalah salah satu cara melindungi masyarakat," kata Wiku saat jumpa pers di Istana Negara, Kamis (6/8/2020).

Dia menyampaikan, saat ini, cukup banyak vaksin vaksin Covid-19 dikembangkan. Total ada 139 kandidat vaksin masuk preklinis. Namun, tidak semua sudah masuk tahap siap uji.

"Jadi baru 25 kandidat vaksin berproses di uji klinis tahap 1, ada 17 kandidat vaksin berproses di uji klinis tahap 2, dan ada 7 kandidat vaksin berproses di uji klinis tahap 3," jelas Wiku soal kandidat vaksin Covid-19 di dunia.

 

2 dari 3 halaman

Belum Ada yang Lolos Uji Klinis

Wiku menegaskan dari 7 vaksin yang masuk ke tahap pengujian tahap ketiga, belum ada satu pun di dunia yang sudah lulus uji.

"Semua negara masih berusaha keras untuk mendapatkan atau menghasilkan vaksin tak terkecuali Indonesia," Wiku menandasi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: