Sukses

Cuaca Buruk, Kapal Gagal Sandar

Liputan6.com, Bandar Lampung: Tidak hanya melalui jalur darat, para pemudik juga memanfaatkan jalur laut untuk kembali dari kampung halaman mereka. Namun, di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, terjadi kendala saat ribuan calon penumpang tertahan hingga berjam-jam karena kapal gagal sandar akibat cuaca buruk, Sabtu (25/8) malam.

Ratusan kendaraan pribadi dan bus pun tertahan di Dermaga II Pelabuhan Bakauheni. Derasnya ombak dan arus bawah laut memaksa kapal harus bermanuver hingga dua kali di sekitar dermaga hingga akhirnya berhasil sandar setelah didorong kapal tugboat. Akhirnya, ribuan pemudik yang menghabiskan liburan Lebaran di Sumatra ini bisa naik kapal dan melanjutkan perjalanan menuju Pulau Jawa.

Di Pelabuhan Merak, Banten, meskipun mengalami sedikit keterlambatan, ribuan pemudik asal Sumatra akhirnya tiba tadi malam. Tercatat sudah hampir 400 ribu pemudik yang kembali dari total 700 ribu pemudik yang berangkat ke Sumatra pada Lebaran tahun ini dengan menggunakan jalur darat.

Kedatangan para pemudik berlangsung lancar meski terjadi kepadatan. Jumlah kendaraan roda dua yang sudah tiba di Merak mencapai 35 ribu unit dan kendaraan roda empat atau lebih mencapai 40 ribu unit. Diperkirakan sekitar 300 ribu pemudik lagi akan tiba di Merak hingga Ahad malam nanti.(ADO)